Info Cuaca

Peringatan Dini BMKG Rabu 25/12/2019: Cuaca Ekstrem & Hujan Lebat Masih Terjadi di Indonesia

Cuaca ekstrem dan hujan lebat terjadi di Sumatera, Jawa, Kalimantan & Indonesia bagian timur.

www.pexels.com
Ilustrasi Cuaca ekstrem 

Cuaca ekstrem dan hujan lebat terjadi di Sumatera, Jawa, Kalimantan & Indonesia bagian timur. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Peringatan dini cuaca ekstrem telah dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Cuaca ekstrem yang disebutkan oleh BMKG ini akan terjadi pada libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Dalam rilis yang dikeluarkan BMKG menyebutkan, dalam sepekan terakhir, terjadi distribusi curah hujan cukup signifikan.

Kepala BMKG, Dr Dwikorita Karnawati mengatakan, kondisi ini diakibatkan adanya faktor dinamika atmosfer skala regional dan lokal terkini, yaitu adanya Monsun Asia.

Monsun Asia mulai menunjukkan aktivitas signifikan sehingga dapat menyebabkan peningkatan massa udara basah, terbentuknya pola konvergensi, perlambatan, dan belokan angin di beberapa wilayah.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati ketika menyampaikan himbauan mengenai cuaca pada saat Mudik Lebaran 2019 kepada Rekan Media, Rabu (29/05/2019) di Jakarta. TRIBUNNEWS.COM/IST
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati ketika menyampaikan imbauan mengenai cuaca pada saat Mudik Lebaran 2019 kepada Rekan Media, Rabu (29/05/2019) di Jakarta.  (TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Suhu muka laut di wilayah perairan Indonesia yang masih hangat dan mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Dalam pantauan BMKG, Dwikorita menjelaskan hingga periode Dasarian II Desember 2019, berdasarkan jumlah ZOM, 74 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim penghujan.

Dwikorita mengimbau perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem dan hujan lebat pada periode libur natal 2019 dan tahun baru 2020.

Wilayah yang akan berpotensi terdampak cuaca ekstrem dan hujan lebat, akan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan.

Halaman
1234
Editor: Guruh Budi Wibowo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved