Gerhana Matahari Cincin

Akan Terjadi Lagi 2038, Penjelasan BMKG Soal Gerhana Matahari Cincin Seperti Pada 26 Desember 2019

Analisis BMKG Stasiun Pekanbaru Bibin Sulianto, gerhana dapat diprediksi waktu dan tempat kejadiannya.

TribunPekanbaru/Doddy Vladimir
Proses terjadinya Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang dilihat dari tepian pantai Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak,Kamis (26/12). Durasi terjadinya GMC selama 3 jam 51 menit 4 detik, sedangkan durasi cincin berlangsung selama 3 menit 17 detik. 

PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru menjelaskan, peristiwa Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi di Indonesia dan khususnya terpantau di Siak Riau, tidak berdampak terhadap lingkungan.

Secara umum, dijelaskan Analisis BMKG Stasiun Pekanbaru Bibin Sulianto, gerhana dapat diprediksi waktu dan tempat kejadiannya.

FOTO: Warga Antusias Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 di Siak

Untuk memprediksi keberulangannya secara global, gerhana dikelompokkan ke dalam suatu kelompok yang disebut siklus Saros tertentu.

"Gerhana-gerhana pada siklus Saros tertentu akan berulang hampir setiap 18 tahun 11 hari 8 jam. Dua gerhana berdekatan dalam satu siklus Saros yang sama, konfigurasi posisi Matahari, Bulan, dan Buminya akan hampir sama," ujar Bibin Sulianto kepada tribunpekanbaru.com.

Karena itu lanjut Bibin pola peta gerhana global kedua gerhana tersebut akan mirip, meskipun lokasi visibilitas gerhananya berbeda.

FOTO: Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 di Siak

"Sebagai contoh GMC 26 Desember 2019 ini merupakan anggota ke 46 dari 71 anggota pada siklus Saros 132. Gerhana Matahari sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah GMC 14 Desember 2001,"jelas Bibin Sulianto.

Selanjutnya kata Bibin Sulianto, adapun gerhana yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah GMC 5 Januari 2038. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved