Breaking News:

Berita Riau

Tak Hanya Warga Desa Senama Nenek, Sejumlah Sertifikat Tanah Diserahkan ke Warga Rohul dan Pelalawan

Masyarakat tanah yang diserahterimakan bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan kemampuan ekonomi masyarakat.

Istimewa
Sebanyak 3.000 sertifikat diserahterimakan Kementrian PUPR kepada masyarakat Kabupaten Kampar, Pelalawan dan Rokan Hulu hari ini, Kamis (26/12/2019) di Kantor Desa Senama Nenek. 

KAMPAR - Sebanyak 3.000 sertifikat diserahterimakan Kementrian ATR BPN kepada masyarakat Kabupaten Kampar, Pelalawan dan Rokan Hulu hari ini, Kamis (26/12/2019) di Kantor Desa Senama Nenek.

Sertifikat yang diberikan tersebut 2.085 diantaranya merupakan objek TORA dan 715 lainnya merupakan bagian dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Kegiatan Redistribusi Tanah TORA Desa Senama Nenek berada pada Areal Tanah Pengembalian Penguasaan Tanah Kebun PTPN V seluas ±2.800 Ha.

Sesuai dengan Berita Acara tanggal 5 Juli 2019 No. 5/SPR/BA/01/VII/2019, penyerahan yang dilakukan hari ini merupakan penyelesaian konflik dari PTPN V dengan masyarakat hukum adat setempat.

Mentri ATR BPN, Sofyan A Djalil mengatakan terhadap data subjek penerima Redistribusi Tanah tersebut sebelumnya telah dimusyawarahkan secara adat oleh para pucuk kesukuan yang ada dan terhadap objek tanah setelah diterbitkan Sertifikat Hak Milik tidak akan diperjualbelikan baik secara formil dihadapan PPAT maupun secara dibawah tangan dan akan dikerjakan dengan pola KKPA sebagai Bapak Angkat adalah PTPN V.

Dari program ini sekarang masyarakat dapat tanah, kebun secara gratis dan praktis.

Ia mengatakan kepada masyarakat tanah yang diserahterimakan bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan kemampuan ekonomi masyarakat.

"Untuk objek TORA sertifikat yang diserahterimakan memiliki klausul tidak dapat diperjualbelikan dalam kurun waktu 10 tahun. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa mengelola tanah yang dimiliki dengan baik dan mampu menghasilkan," ungkapnya.

Ia menuturkan program kemitraan dengan PTPN V akan menggandeng Koperasi Nenek Uno Senama Nenek.

"Dengan pola kemitraan dan komitmen dari perusahaan diharapkan taraf ekonomi masyarakat bisa terangkat," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved