Capai 100 Pemohon Sehari, Pembuatan Paspor di Imigrasi Dumai Naik 100 Persen

Permintaan paspor di Imigrasi Dumai meningkat cukup tinggi selama masa liburan. Pemohon paspor dalam sehari bisa mencapai 100 orang.

Capai 100 Pemohon Sehari, Pembuatan Paspor di Imigrasi Dumai Naik 100 Persen
tribun pekanbaru
Warga antre di Imigrasi Dumai untuk membuat paspor. Selama musim liburan ini, pemohon pembuatan paspor di Dumai meningkat sampai 100 persen. 

tribunpekanbaru.com - Pemohon pembuatan paspor di Imigrasi Dumai meningkat sampai 100 persen bertepatan dengan musim liburan saat ini.

Plh Kepala Imigrasi Kelas II TPI Dumai, Riky Afrimon mengatakan, sesuai data yang dihimpun Kantor Imigrasi Kelas II TPI Dumai, selama musim liburan ini tercatat ada 100 pemohon pembuatan paspor setiap harinya. Jumlah ini meningkat 100 persen, karena di hari biasa jumlah pemohon paspor hanya sekitar 50 pemohon.

"Terhitung sejak lima hari belakangan ini jumlah pemohon pembuatan paspor memang agak meningkat. Biasanya sekitar 50 pemohon, sekarang meningkat menjadi 100 pemohon pembuatan paspor," kata Riky, Jumat (27/12).

Dia menerangkan, dengan meningkatnya jumlah pemohon pembuatan paspor, Imigrasi Dumai telah mengantisipasi cepat dengan penambahan kuota pembuatan paspor masyarakat yang akan menggunakan jasa keimigrasian.

"Kita juga mengimbau kepada masyarakat pengguna jasa keimigrasian, agar melakukan pembuatan paspor melalui pelayanan paspor antrean maupun secara online, yang dapat di download di playstore. Jangan sekali-kali menggunakan jasa calo," sebutnya.

Selain itu, dalam rangka Hari Bakti Imigrasi yang jatuh pada 26 Januari 2020 mendatang, Imigrasi Dumai akan memberikan pelayanan paspor simpatik, yaitu pelayanan pembuatan paspor tetap berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu.

"Pelayanan simpatik ini telah dilaksanakan terhitung sejak pertengahan Desember 2019 hingga 25 Januari 2020 mendatang," tuturnya.

Bagi masyarakat yang sibuk namun ingin menggunakan jasa keimigrasian untuk permohonan pembuatan paspor, bisa datang di hari Sabtu dan Minggu sebelum tanggal 26 Januari 2020 mendatang.

"Syarat permohonan pembuatan paspor sangat mudah, cukup membawa bukti domisili dan bukti diri yaitu KTP, KK, akte kelahiran, ijazah, hingga buku nikah," tuturnya. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved