Breaking News:

PTPN V Bantu Dirikan Koperasi Senama Nenek Kampar Penerima Sertifikat TORA

PTPN V akan membantu pendirian koperasi warga Senama Nenek penerima Program Restribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA.

Penulis: Rino Syahril | Editor: ihsan
istimewa
Direktur Utama (Dirut) PTPN V Jatmiko Krisna Santosa 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Kamis (26/12/2019) menyerahkan 1.385 sertifikat tanah di atas lahan seluas 2.571,01 hektare kepada masyarakat Desa Senama Nenek di Kebun Sei Kencana PTPN V, Kecamatan Tapung Hulu, Kampar, Riau.

Penyerahan itu terlaksana setelah PT Perkebunan Nusantara V mengembalikan lahan tersebut kepada negara, melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN), pada tanggal 10 Juni 2019. Kemudian disempurnakan dengan Berita Acara Pengembalian pada 5 Juli 2019.

Direktur Utama PTPN V, Jatmiko K Santosa mengatakan, pengembalian lahan tersebut sebagai bentuk langkah nyata perusahaan dalam menjalankan amanah pemerintah sebagai regulator maupun selaku pemegang saham perusahaan.

Perusahaan sangat memahami bahwa kebijakan pemerintah tersebut ditetapkan untuk meningkatkan kesejahteraan warga di wilayah Senama Nenek.

Tidak hanya sekadar menjalankan amanah pengembalian, anak perusahaan holding perkebunan negara tersebut juga membantu masyarakat dalam mendirikan Koperasi Nenek Eno Senama Nenek yang akan mewadahi masyarakat penerima sertifikat kedepannya.

“Pembentukan koperasi tersebut, juga mempermudah Pemkab Kampar dalam menetapkan masyarakat penerima sertifikat," ujar Jatmiko K Santoso.

Untuk itu PTPN V tambah Jatmiko, harus turut menjaga agar penyerahan 1.385 sertifikat tanah yang dilakukan pemerintah melalui Program Restribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) itu akan membawa kemaslahatan bagi pemangku kebijakan, khususnya kepada masyarakat Desa Senama Nenek.

"Oleh karena itu, kami berkomitmen bermitra dengan masyarakat dalam mengelola lahan tersebut melalui skema single management. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga Senama Nenek," tutur Jatmiko.

Komitmen kuat manajemen PTPN V dalam mendukung program pemerintah, terwujud dari langkah sigap pengembalian lahan kepada negara, serta tetap mengelola lahan tersebut dengan optimal, hingga diserahkannya sertifikat kepada masyarakat.

Begitu pula terkait kemitraan, PTPN V akan bekerjasama dengan Koperasi Nenek Eno Senama Nenek, lembaga yang menjadi wadah masyarakat penerima sertifikat, agar dapat memberikan hasil yang optimal.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved