Advertorial

Inhu Kabupaten Pertama di Riau Laksanakan E-Voting

Pilkades secara e-voting menggunakan KTP elektronik merupakan sebuah upaya agar sehingga tidak ada lagi pemilih ganda atau fiktif

Inhu Kabupaten Pertama di Riau Laksanakan E-Voting
ISTIMEWA
Inhu Kabupaten Pertama di Riau Laksanakan E-Voting 

RENGAT - Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2019 gelombang ketiga, Rabu (4/12/2019).

Supandi selaku Plt Kepala Bagian Pemdes Setdakab Inhu yang merupakan leading sector pilkades serentak menuturkan, teknis pelaksanaan Pilkades serentak 2019 ini sudah diatur di dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 40/2019.

Bagian Pemdes Setdakab Inhu juga sudah turun melakukan sosialisasi terkait ke desa-desa.

Dari puluhan desa yang melaksanakan pilkades serentak, tiga desa ditunjuk melaksanakan pemilihan dengan sistem e-voting.

Ketiga desa tersebut yaitu Desa Sidomulyo, Kecamatan Lirik, Desa Batu Gajah Kecamatan Pasir Penyu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Lirik dan Desa Sungai Baung, Kecamatan Rengat Barat.

Untuk itu, Bagian Pemdes Setdakab Inhu berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Inhu dalam menyiapkan alat yang digunakan pada Pilkades sistem e-voting ini.

Selain itu, Diskominfo Inhu juga sudah menyiapkan tim teknis dilapangan untuk membantu kelancaran e-voting.

"Kabupaten Indragiri Hulu sudah 2 tahun yang lalu melakukan proses inovasi yaitu melakukan perubahan-perubahan dalam penyelenggaraan proses pemerintahannya sesuai amanat PP Nomor 38 Tahun 2017 tentang Sistem Inovasi Daerah," ujar Kepala Program Sistem Pemilu Elektronik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Andrari Grahitandaru saat ditemui disela-sela kegiatannya memantau jalannya e-voting di Desa Batu Gajah, Kecamatan Pasir Penyu.

Pilkades secara e-voting menggunakan KTP elektronik merupakan sebuah upaya agar sehingga tidak ada lagi pemilih ganda atau fiktif karena masyarakat harus diverifikasi ketika datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Andrari juga menambahkan bahwa Inhu menjadi kabupaten pertama di Provinsi Riau yang menggunakan sistem e-voting. Hal ini tentunya menjadi suatu hal yang patut dibanggakan khususnya bagi Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu.

Halaman
123
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved