Breaking News:

Musim Kemarau

BREAKING NEWS: Pemprov Riau Siapkan 13 Jurus Cegah Karhutla di Musim Kemarau, 2020 Riau Bebas Asap

Dengan adanya prediksi cuaca tersebut, Pemerintah Provinsi Riau mengeluarkan 13 kebijakan strategis dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan 2020.

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
FOTO ILUSTRASI - Pembuatan embung yang berguna untuk memenuhi kebutuhan air juga dilakukan. Seperti, pelaksanaan pembuatan satu unit embung di lokasi rawan Karhutla di Jalan Riau Ujung, Kel Tampan, Kec Payung Sekaki, Selasa (29/10/2019). (Tribunpekanbaru.com/Theo Rizky). 

PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau di Indonesia, terutama Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara akan terjadi pada April Hingga Oktober 2020.

Sedangkan untuk di Provinsi Riau dan Aceh diprediksi lebih dahulu mengalami musim panas diperkirakan Februari atau Maret 2020.

Dengan adanya prediksi cuaca tersebut, Pemerintah Provinsi Riau mengeluarkan 13 kebijakan strategis dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan 2020.

Kebijakan tersebut disampaikan oleh Gubernur Riau Syamsuar di Kantor Gubernur Riau, Selasa (31/12/2019).

Sebanyak 13 kebijakan strategis pencegahan Karhutla tersebut di antaranya:

Pertama melakukan pemetaan kembali daerah rawan bencana.

Kedua, melakukan inventarisasi kembali terhadap izin perusahaan perkebunan dan pengusahaan hutan yang beroperasi di wilayah provinsi Riau.

Ketiga pelibatan perusahaan dalam patroli bersama yang dapat dimonitor langsung oleh satgas karhutla provinsi Riau.

Keempat penyediaan alat pertanian di 75 kecamatan yang rawan karhutla dan penyediaan tanaman yang ramah terhadap lingkungan.

Kelima, pemberdayaan masyarakat sekitar hutan sebagai zona penyangga (buffer zona) sehingga menciptakan eko wisata terutama dikawasan taman nasional, hutan lindung dan hutan konservasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved