Bunga Rafflesia Jenis Tuan-mudae Terbesar Mekar di Agam Sumbar

Bunga Rafflesia jenis tuan-mudae terbesar di dunia mekar di Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Bunga Rafflesia Jenis Tuan-mudae Terbesar Mekar di Agam Sumbar
TribunPadang.com /Rizka Desri Yusfita
Seorang pengunjung mengabadikan moment saat berkunjung menengok Rafflesia Tuan-mudae yang ditemukan di Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (2/1/2020). 

Bunga Rafflesia Jenis Tuan-mudae Terbesar Mekar di Agam Sumbar

TRIBUNPEKANBARU.COM - Bunga Rafflesia jenis tuan-mudae terbesar di dunia mekar di Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Bunga Rafflesia ini tumbuh berdiameter 111 Centimeter (Cm) di kawasan Hutan Cagar Alam Maninjau, Agam, Sumbar.

Yakni, ukuran tersebut lebih besar 4 Cm dari yang pernah mekar dua tahun yang lalu di lokasi dan inang yang sama.

 

//

Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam Ade Putra
menjelaskan spesies Rafflesia tuan-mudae yang ditemukan di Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) hampir mirip dengan Rafflesia Arnoldii.

Berdasarkan hasil penelitian dan explorasi yang dilakukan oleh ahli bunga Rafflesia dari Universitas Bengkulu Agus Susatya pada Oktober 2017 silam, menyebutkan beberapa perbedaan morfologi atau fisik antara jenis rafflesia tuan-mudae di cagar alam Maninjau dengan rafflesia arnoldii.

"Perbedaan terlihat pada warna kelopak (perigon), Rafflesia arnoldii lebih ke oranye, sementara spesies tuan-mudae ke arah merah maron," jelas Ade Putra, Kamis (2/1/2020).

Download Film Korea Train to Busan Sub Indo, Video Streaming di Ponsel

Selain itu, perbedaan juga terdapat pada pola putih atau bercak pada kelopak bunga.

Dia menjelaskan, bercak pada kelopak bunga rafflesia tuan-mudae di Cagar Alam Maninjau, tunggal sedangkan Rafflesia arnoldii itu ganda (besar dan kecil).

//
// <\/scr"+"ipt>"); // ]]>

"Pola bercak Rafflesia arnoldii besar di kelilingi kecil, sementara rafflesia tuan-mudae di Cagar Alam Maninjau tidak begitu," terang Ade Putra.

Kata dia, rafflesia tuan-mudae di Cagar Alam Maninjau jarak antarbercak agak berjauhan.

Sementara Rafflesia arnoldii lebih rapat dan bagian dalam (ramenta) atau bulu berada pada bagian dalam.

Bunga Rafflesia yang tumbuh dan mekar di Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupoaten Agam, Sumatera Barat. Foto diabadikan TribunPadang.com, Kamis (2/1/2020).
Bunga Rafflesia yang tumbuh dan mekar di Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupoaten Agam, Sumatera Barat. Foto diabadikan TribunPadang.com, Kamis (2/1/2020). (TribunPadang.com /Rizka Desri Yusfita)

Tak Mau Mengungsi Saat Banjir, Warga Lebak Ini Ditemukan Tewas

Tumbuh di Alam nan Asri

Sebelumnya, untuk mencapai lokasi tumbuhnya bunga rafflesia, pengunjung mesti menempuh berjalan kaki masuk hutan sejauh dua kilometer (2 KM).

Sejauh ini, di sekitar Bunga Rafflesia itu tumbuh masih relatif alami lingkungannya.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang asri, kanan dan kiri yang dikelilingi hamparan sawah hijau.

Saat menelusuri jalan setapak, terdengar jelas nyanyian burung dan jenis binatang alamnya lainnya yang berlomba-lomba mengeluarkan suara khasnya.

Tapi untuk mencapai ke lokasi tersebut harus melewati tantangan medan yang cukup sulit.

Di musim hujan saat ini, pengunjung harus melewati tanah becek dan berlumpur, disarankan untuk menggunakan sepatu boots.

Bahkan Ade Putra, selaku Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Agam Ade Putra menyarankan pengunjung membawa peralatan pribadi dan jas hujan.

Ade Putra mengatakan, hasil pengukuran Rabu (1/1/2020), rafflesia tuan-mudae yang mekar di lokasi tersebut memiliki diameter 111 Cm.

"Bunga cantik rafflesia mekar dengan diameter besar yaitu 111 Cm. Ini merupakan diameter terbesar yang pernah tercatat dan terdokumentasikan," kata Ade Putra.

Dikatakannya, pemantauan dan monitoring individu dilakukan sejak Selasa (24/12/2019) oleh tim BKSDA Sumbar melalui resor Agam.

"Sepekan kemudian, tepatnya Selasa (31/12/2019) bunga tersebut telah mulai fase mekar dengan terangkat dan terbukanya perigon atau kelopak bunga," jelas Ade Putra.  (TribunPadang.com/Rizka Desri Yusfita)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Bunga Rafflesia Tuan-mudae Terbesar di Dunia Mekar di Agam, Lihat Penampakannya, https://wow.tribunnews.com/2020/01/02/bunga-rafflesia-tuan-mudae-terbesar-di-dunia-mekar-di-agam-lihat-penampakannya?page=all.

Editor: Rekarinta Vintoko

//
Editor: M Iqbal
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved