Pilkada Riau 2020

KPU Ingatkan Peserta Pilkada Riau 2020 Tidak Terjebak Mahar Politik

Saat ini tahapan untuk pelaksanaan Pilkada Riau 2020 serentak sudah dikeluarkan melalui PKPU nomor 16 tahun 2019.

Tribun Pekanbaru
Ilustrasi 

PEKANBARU - Saat ini tahapan untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2020 sudah dikeluarkan melalui PKPU nomor 16 tahun 2019.

Sebagai penyelenggara Pilkada, Komisi Pemilihan Umum (KPU), meminta kepada peserta yang ikut bertarung tidak terjebak mahar politik mahal.

Sehingga Pilkada bukan adu kekuatan dana pasangan calon yang bertarung, melainkan jual program masing-masing kepada masyarakat.

"Ya upaya kami dari KPU hanya antisipasinya ya pencegahan, kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat bahayanya politik uang, dan peserta Pilkada kita minta juga jangan terjebak mahar politik,"ujar Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi Nugroho Noto Susanto kepada Tribun.

Komitmen ini lanjut Nugroho Noto Susanto, akan didorong KPU Riau bersama Bawaslu yang juga sudah gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat.

"Ini yang didorong bersama Bawaslu. Antisipasi dan sanksi bagi money politik tentu ada dalam UU pemilihan nomor 10 tahun 2016," jelas Nugroho Noto Susanto.

Untuk pola pelaksanaan Pilkada sendiri dalam sosialisasi calon nantinya tetap seperti sebelumnya, dimana ada yang difasilitasi KPU dan ada juga diberikan kewenangan kepada peserta untuk sosialisai sendiri.

"Misalnya kampanye, sosialisasi calon ada yang difasilitasi KPU dan ada juga diberi ruang membuat Alat Perangkat Kampanye (APK) sendiri," ujar Nugroho.

Hanya saja, PKPU untuk kampanye belum keluar sehingga kedepan pihaknya di KPU belum tahu tekhnis pelaksanaan masih menunggu aturan.

"Namun prinsipnya ada yang diatur PKPU dan ada juga dari calon,"ujarnya.

Sementara mengenai tahapan sendiri, kata Nugroho awal Januari 2020 ini sudah mulai memasuki tahapan perekrutan PPK hingga KPPS secara berjenjang.

"Tahapan lain yang berjalan adalah tahapan usulan bakal calon, mulai dalam pengumpulan KTP, dan sosialisasi lainnya di masyarakat,"ujar Nugroho Noto Susanto.

Nugroho juga menambahkan, saat ini regulasi pelaksanaan Pilkada baru PKPU secara garis besar pelaksanaan tahapan.

Regulasi baru belum muncul, biasanya sesuai dengan tahapan berjalan. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved