Riau Bebas Karhutla

BREAKING NEWS: Riau Bebas Karhutla, Kebakaran Lahan di Desa Padekik Bengkalis Berhasil Dipadamkan

Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di wilayah Bengkalis diawal tahun 2020 ini. Mewujudkan Riau Bebas Karhutla, pemadaman segera dilakukan.

BREAKING NEWS: Riau Bebas Karhutla, Kebakaran Lahan di Desa Padekik Bengkalis Berhasil Dipadamkan
BPBD Bengkalis
Upaya Pemadaman masih dilakukan di lokasi Karhutla Desa Padekik Kecamatan Bengkalis, Riau. 

BENGKALIS - Kebakaran hutan dan lahan  atau Karhutla kembali terjadi di wilayah Bengkalis diawal tahun 2020 ini. Untuk mewujudkan Riau Bebas Karhutla, pemadaman segera dilakukan.

Sejak Jumat (3/1/2020) kemarin api kembali muncul di wilayah Desa Padekik kecamatan Bengkalis. 

Sampai Minggu pagi ini api masih dalam upaya pemadaman.

Hal ini diungkap Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis Tajul Mudaris kepada awak media, Minggu (5/1) pagi.

Menurut Tajul, saat ini upaya pemadaman masih terus dilakukan tim gabungan BPBD Bengkalis, TNI, Polri serta di bantu Masyarakat Peduli Api (MPA) sekitar lahan terbakar.

"Kita dari BPBD menurunkan 23 personil, dibantu 30 orang dari Polres Bengkalis, TNI sebanyak 20 orang dan Damkar 9 orang serta MPA setempat melakukan pemadaman," ungkap Tajul.

Menurut dia, sampai pagi ini personil gabungan masih berjibaku dilokasi Karhutla. Melakukan pengepungan agar Karhutla tidak meluas.

"Pagi ini masih dilakukan pemadaman di lapangan. Luas lahan yang terbakar hingga sore kemarin sekitar satu hektare. Namun ini baru perkiraan belum bisa dipastikan," ungkap Tajul Mudaris.

Menurut dia, upaya pemadaman di lapangan sedikit tekendala akibat angin kecang. Kecepatan angin sekitar 9,3 kilometer per jamnya.

"Tim gabungan kita mengalami kesulitan dalam memadamkan api karena kondisi dilapangan angin kencang dan sulitnya sumber air," tambah Tajul.

Meskipun terjadi kebakaran lahan di sana. Sampai saat ini Karhutla belum berdampak menganggu aktifitas masyarakat.

Kondisi cuaca Bengkalis masih terlihat cerah dan tidak diselimuti asap. (Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved