Puncak Arus Balik Liburan, Penumpang Kapal Roro Rupat-Dumai Meningkat

Penumpang kapal roro di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai meningkat dari biasa. Perjalanan kapal dari Rupat ke Dumai juga ditambah.

Puncak Arus Balik Liburan, Penumpang Kapal Roro Rupat-Dumai Meningkat
tribun pekanbaru
Satu unit mobil keluar dari kapal roro yang tiba dari Rupat di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai, Minggu (5/1). Jumlah penumpang meningkat menyusul berakhirnya libur sekolah. 

tribunpekanbaru.com - Liburan sekolah dan tahun baru 2020 telah usai. Kini masyarakat yang sebelumnya pergi berlibur, sudah mulai kembali ke daerahnya. Hal tersebut terlihat dengan adanya lonjakan penumpang kapal roll on roll off (roro) di pelabuhan penyeberangan Bandar Sri Junjungan (BSJ), yang melayani rute penyeberangan Rupat-Dumai dan sebaliknya.

Kepala seksi (Kasi) Operasional UPT Prasarana Perhubungan Lalu-lintas Angkutan Jalan, Sungai, Danau, dan Penyeberangan (PPLLAJSDP) Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Andre, mengungkapkan, lonjakan penumpang arus balik liburan sekolah dan tahun baru 2020 memang sudah terlihat meningkat di Pelabuhan BSJ Dumai.

Pada Minggu (5/1), pihaknya melakukan pendataan serta pengawasan jumlah penumpang arus balik yang menggunakan jasa roro menyeberang dari Rupat-Dumai, dan hasilnya jumlah penumpang terpantau meningkat.

"Dari pelabuhan Rupat ada peningkatan jumlah penumpang yang menuju Dumai. Diperkirakan untuk hari (kemarin) ada 9 trip keberangkatan karena lonjakan penumpang," katanya Minggu (5/1).

Andre menyebutkan, dari data lonjakan arus balik awal tahun 2020, pengendara sepeda motor terpantau masih mendominasi penumpang kapal roro Rupat-Dumai.

Dijelaskan, hingga trip ke-4 pada Minggu (5/1), tercatat sudah ada 723 penumpang yang datang ke Dumai, kendaraan roda dua 224 unit, roda 3 ada 2 unit, roda 4 berjumlah 44 unit, dan kendaraan roda 6 ada 18 unit. Diperkirakan jumlah ini masih akan terus meningkat, pasalnya hingga sore kemarin masih ada kendaraan yang mengantre di pelabuhan Rupat Bengkalis untuk menuju pelabuhan Dumai.

"Kita kondisional, untuk hari ini (Minggu) kita prediksi hanya 9 trip, tapi kalau terjadi lonjakan penumpang maka kita tambah lagi," terangnya.

Sementara untuk keberangkatan dari pelabuhan Dumai, hingga trip 4 menuju Rupat, tercatat ada 654 penumpang, roda dua 199 unit, roda tiga ada 3 unit, kendaraan roda 4 berjumlah 54 unit, dan kendaraan roda 6 ada 11 unit.

Ke-9 trip tersebut dilayani dengan dua kapal roro yang malayari rute Dumai-Rupat dan Rupat Dumai. Kedua kapal itu terdiri dari kapal yang berkapasitas 117 penumpang, dan satu kapal lagi berkapasitas 69 penumpang.

Diperkirakan hari Minggu (5/1) kemarin merupakan puncak arus balik, karena libur sekolah dan tahun baru telah usai.

Andre menyebutkan, dalam menghadapi arus balik ini pihaknya sudah menyiapkan sarana dan prasarana penunjang demi kenyamanan para penumpang. Di antaranya, tahun ini pihaknya telah dibuat pagar pembatas untuk pejalan kaki yang hendak akan naik dan turun dari kapal.

"Kita juga menyediakan tempat teduh untuk penumpang roda dua yang hendak menggunakan jasa kapal roro," tambahnya. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved