KONI Riau Sebuat Atlet Riau Terbagi di Tiga Kategori Prestasi untuk Menghadapi PON

Klasifikasi atlet dilakukan KONI Riau untuk memprediksi perolehan medali di PON Papua, yang rencananya digelar Oktober mendatang.

KONI Riau Sebuat Atlet Riau Terbagi di Tiga Kategori Prestasi untuk Menghadapi PON
Internet
Logo KONI

tribunpekanbaru.com - KONI Riau terus menggelar persiapan bagi kontingen Riau untuk menghadapi PON XX di Papua, Oktober 2020 mendatang. KONI pun membagi tiga kategori atlet berprestasi untuk merealisasikan target 10 besar pada PON nanti.

Atlet berprestasi yang dimaksudkan adalah para atlet Riau yang lolos tampil di Papua nanti. Dari rilis KONI Riau, atlet Riau yang lolos PON Papua berjumlah 197 orang dan 94 pelatih. Jumlah ini dari 37 cabor yang ditandingkan di Pra PON, Porwil, dan Kejurnas series.

"Jumlah ini kita bagi kategorinya," kata Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, Senin (6/1) kepada Tribun.

Pembagian kategori itu adalah atlet unggulan, atlet potensial, dan atlet harapan. Yang dimaksud atlet unggulan adalah atlet yang sudah berprestasi tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga berprestasi di level internasional. Seperti atlet dari cabor renang, angkat berat/besi, senam, dayung, dan beberapa cabor beladiri.

Sedangkan atlet potensial merupakan atlet berprestasi namun masih ada ukuran limitnya. "Limitasi (nilai/poin) atlet potensial ini tidak jauh dari lawan-lawannya. Sehingga sangat berpotensi bisa meningkatkan prestasinya. Bisa saja dari medali perak ke emas," terangnya.

Sementara untuk atlet harapan, kata Emrizal, atlet lolos kuota tapi tidak dapat medali. Meski begitu, KONI Riau tetap memberi perhatian kepada atlet kategori ini.

KONI Riau sudah mengagendakan akan menggelar TC Berjalan untuk atlet PON selama 5 bulan. Jika PON Papua digelar Oktober, maka TC Berjalan akan dimulai April mendatang. Sementara untuk TC Penuh digelar satu bulan, jelang pelaksanaan PON. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved