Breaking News:

Wajah Baru Pejabat Riau

BREAKING NEWS- Ballroom Menara BRK Disesaki Ratusan Pejabat Eselon III dan IV Pemprov Riau

Ballroom lantai III Menara Bank Riau Kepri (BRK)Jalan Sudirman Pekanbaru terlihat sudah dipadati oleh ratusan pejabat eselon III dan IV dan fungsional

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU/SYAIFUL MISGIONO
Ratusan pejabat memadati ballroom lantai III Menara Bank Riau Kepri (BRK) Jalan Sudirman Pekanbaru menanti pelantikan, Selasa (7/1/2020) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sempat ditunda, pelantikan pejabat eselon III dan IV serta pejabat fungsional di lingkungan Pemprov Riau akhirnya resmi digelar, Selasa (7/1/2020).

Pantuan Tribunpekanbaru.com di lokasi pelantikan, ballroom lantai III Menara Bank Riau Kepri (BRK) Jalan Sudirman Pekanbaru terlihat sudah dipadati oleh ratusan pejabat eselon III dan IV serta pejabat fungsional yang siap untuk dilantik dan diambil sumpahnya.

Para pejabat yang akan dilantik ini tampak mengenakan seragam celana dan rok hitam lengkap dengan jaket hitam dan pecil hitam di barisan pejabat laki-laki.

Banyaknya pejabat yang dilantik membuat ruangan yang dijadikan lokasi pelantikan terlihat penuh sesak. Bahkan, kursi yang disiapkan oleh panitia penuh hingga sampai ke dinding paling belakang.

Sambil menunggu pelantikan, sejumlah pejabat yang mengenakan jas ini juga tampak memilih bersantai di luar ruangan sambil berbincang bersama rekanya yang juga akan dilantik.

Di barisan kursi depan samping kanan terlihat puluhan pejabat eselon II, kepala dinas dan kepala badan di lingkungan Pemprov Riau yang mengenakan pakaian dinas harian (PDH) warna cokelat.

Sebelumnya, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengungkapkan, pejabat eselon III dan IV tersebut merupakan tindaklanjut diberlakukannya Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru di lingkungan Pemprov Riau.

"Dengan STOK baru, pada kesempatan ini juga kami sedang mempersiapkan pelantikan eselon III dan IV," katanya.

Syamsuar menjelaskan, pengisian jabatan III dan IV juga disesuai dengan SOTK baru. Ia mencontohkan, dengan adanya SOTK baru ini, nantinya akan Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) yang akan menggantikan Biro Humas, Protokol dan Kerjsama. Sedangkan Biro Humas Protokol dan Kerjasama bergabung dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau.

"Jadi Biro Adpim berdiri sendiri. Nanti akan ditunjuk kepala bagian-bagiannya. Sedangkan pegawai Biro Humas bergabung dengan Diskomifotik. Tapi terlebih dahulu nanti kita tunjuk Plt kepala bironya," kata Syamsuar.

Sempat Ditunda

Pelantikan pejabat eselon III, IV dan fungsional seyogyanya digelar Jumat (3/1/2020) lalu. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Ikhwan Ridwan saat dikonfirmasi kala itu enggan menjelaskan.

"Iya ditunda, nggak tau sampai kapan," kata Ikhwan singkat.

Ikhwan tampak lebih irit bicara jika dibandingkan biasanya. Meski demikian dirinya membenarkan jika pelantikan yang rencananya dilaksanakan Jumat (3/1/2020) pukul 14.00 Wib ditunda.

"Sampai batas waktu yang tidak ditentukan, bisa hari ini, bisa besok, bisa lusa, belum pasti," kata Ikhwan tanpa menjelaskan kapan kepastian jadwal pelantikan pascadibatalkan.

Saat disinggung apa alasan ditundanya pelantikan pejabat eselon III dan IV, Ikhwan tidak menjelaskan secara rinci dan detail. Namun Ikhwan mengungkapkan, penundaan tersebut disebabkan karena masih adanya sejumlah berkas administrasi yang belum lengkap.

"Masih ada persyaratan yang belum lengkap," singkat Ikhwan.

Penundaan pelantikan yang terkenda mendadak ini pun membuat pertanyaan publik. Apa sebenarnya yang menyebabkan ditundanya pelantikan pejabat eselon III dan IV tersebut. Apalagi pejabat yang akan dilantik jumlahnya cukup banyak. Mencapai 500 orang lebih.

Dari 500 lebih ASN tersebut, ada sekitar 125 ASN yang dilantik menjadi fungsional, sedangkan sisanya akan menduduki jabatan eselon III dan IV. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved