Banjir Pelalawan Surut

Kami Tak Keluar Duit lagi Bayar Pompong, Banjir Surut Jalan Koridor Langgam Riau Aktif

Dibukanya jalan Koridor dan penyeberangan pontoon disambut baik oleh masyarakat yang saban hari melakukan perjalanan dari Pangkalan Kerinci ke Langgam

Kami Tak Keluar Duit lagi Bayar Pompong, Banjir Surut Jalan Koridor Langgam Riau Aktif
istimewa
Proses perbaikan Jalan Koridor Langgam setelah banjir surut Senin (6/1/2020) oleh Manajemen PT RAPP, sebelum akses dibuka kembali pada Selasa (7/1/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Dibukanya kembali Jalan Koridor Langgam dan pengaktifan jembatan penyeberangan pontoon sejak hari ini, Selasa (7/1/2020), merupakan kabar gembiri bagi masyarakat Kabupaten Pelalawan Riau.

Informasi pembukaan jalan Koridor dan penyeberangan pontoon disambut baik oleh masyarakat yang saban hari melakukan perjalanan dari Pangkalan Kerinci ke Langgam maupun sebaliknya, baik menggunakan sepeda motor maupun memakai mobil.

Selama akses koridor ditutup sejak 12 Desember 2019 lalu, aktivitas kendaraan tidak ada sama sekali akiban banjir. Alat transportasi yang digunakan hanyalah kapal kayu bermotor atau pompong, sebagai jasa penyeberangan dari maupun ke Langgam. Tentu warga membayar jasa pemilik pompong untuk menyeberangi banjir.

"Baguslah sudah dibuka. Jadi, kami tak keluar uang lagi untuk bayar pompong mau nyeberang," terang warga Langgam, Adrianto Muklis (44), kepada tribunpekanbaru.com, Selasa (17/1/2020).

Selama tiga pekan ini, lanjut Adrianto, warga mau tidak mau menggunakan jasa pompong yang disediakan masyarakat sekitar. Biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu per orang dengan sepeda motor.

Dishub Sayangkan Warga Tak Sabar Terobos Banjir, Ponton Penyeberangan Langgam Riau Beroperasi

BREAKING NEWS - Banjir Surut, Pagi Ini Jalan Koridor Langgam Riau Kembali Dibuka,Ponton Beroperasi

BREAKING NEWS- Ballroom Menara BRK Disesaki Ratusan Pejabat Eselon III dan IV Pemprov Riau

Hampir setiap hari ia memakai jasa itu mulai berangkat dari Langgam ke Pangkalan Kerinci serta kembali lagi ke Langgam. Jika Jalan Koridor kembali dibuka, biaya itu tidak perlu lagi dikeluarkannya dan bisa disimpan untuk kebutuhan lain.

Pernyataan senada diungkapkan warga lainnya, Yulisman (36), yang selama ini menggunakan sepeda motor yang disambung dengan kapal pompong ke Langgam untuk urusan pekerjaannya. Setelah akses dibuka, ia akan kembali menggunakan mobil untuk menempuh perjalanan, sama halnya sebelum musim banjir melanda Langgam.

"Penutupan jalan tahun ini agak lebih cepat dibuka dibanding tahun-tahun sebelumnya. Saya berharap tidak ada lagi banjir," ujar wiraswastawan ini.

Camat Langgam, Roby Ardelino membenarkan akses Jalan Koridor yang sudah lancar sejak dibuka kembali. Perjalanan darat yang dilakukan dari Langgam ke Pangkalan Kerinci sudah normal kembali. Badan jalan yang sebelumnya rusak akibat banjir telah diperbaiki oleh pihak perusahaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP).

"Semua sudah normal mulai hari ini. Banjir di Langgam juga sudah jauh surut," kata Roby.

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved