Wako Dumai Ingatkan Pejabat dan ASN, Jangan Ada yang Jadi Tim Sukses Saat Pilkada

Wali Kota Dumai Zulkifli AS tegas mengingatkan seluruh ASN dan pejabat, agar tidak ada yang menjadi tim sukses calon pada Pilkada yang akan digelar.

Wako Dumai Ingatkan Pejabat dan ASN, Jangan Ada yang Jadi Tim Sukses Saat Pilkada
tribun pekanbaru
Wali Kota Dumai, Zulkifli AS, melantik sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemko Dumai, Selasa (7/1) sore lalu. Wako menegaskan agar para pejabat dan ASN tidak menjadi tim sukses calon pada pilkada nanti. 

tribunpekanbaru.com - Pemerintah Kota (Pemko) Dumai menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bagi pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas, dan pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kota Dumai.

Pada pelantikan tersebut, Wali Kota Dumai Zulkifli AS, melantik pejabat eselon IV sebanyak 147 orang, eselon III berjumlah 56, dan eselon II sejumlah 6 orang. Pada pelantikan tersebut juga turut dilantik 5 Camat dan 10 Lurah.

Pelantikan berlangsung di Pendopo Sri Bunga Tanjung, Selasa (7/1) sore lalu, dihadiri Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudisthira, perwakilan Lanal Dumai, serta tamu undangan lainya.

Zulkifli AS menegaskan kepada seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) dan pejabat yang telah dilantik, agar tidak masuk menjadi tim sukses para calon wali kota yang akan ikut pilkada mendatang.

"Saya minta tidak ada ASN bahkan pejabat yang masuk tim sukses, karena ASN harus netral. Saya khawatir, nantinya jika ada ASN yang saling mendukung, akan memengaruhi kinerja dari Aparatur Sipil Negara. Bahkan nantinya di kantor ada timbul kelompok-kelompok," katanya mengingatkan.

Bukan hanya itu, jika ASN atau pejabat ikut menjadi tim suskses, setelah pilkada selesai akan timbul permasalahan baru, seperti mengelompokan tim sukses si A dan si B. Jika sudah begitu, tentunya akan berdampak pada kinerja ASN di Kota Dumai.

"Makanya ASN harus netral, terlebih bagi Camat dan Lurah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Jangan sampai Camat dan Lurah malah menjadi tim sukses," tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli AS menerangkan, pelantikan ini dilakukan dalam rangka mengisi kekosongan, promosi jabatan, serta penyegaraan, dalam membina dan membangun organisasi pemerintah menjadi lebih baik.

Dia mengharapkan para pejabat yang baru saja dilantik dapat bekerja dengan baik, dengan begitu pembangunan di Kota Dumai bisa semakin baik.

Proses mutasi pejabat di lingkungan Pemko Dumai juga merupakan bentuk pembinaan karir kepegawaian, yang diharapkan berdampak positif pada peningkatan kinerja di satuan kerja masing-masing. Karena melalui peralihan tugas, para pegawai dapat memiliki pengalaman kerja yang semakin banyak.

"Atas dasar itulah, tidak berlebihan bila kita menginginkan sosok apartur pemerintah yang benar-benar ahli di bidang tugasnya. Sehingga mampu menjalankan tugas jabatan dengan sebaik-baiknya, serta memberikan kontribusi dan kinerja signifikan dalam penyelenggaraan pemerintahan," tambahnya. (dkp)

Pejabat Dilantik Wali Kota Dumai:

Pejabat Eselon II:
1. H Syamduddin, Kadis Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata
2. Sya'ari, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan
3. Paisal, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan, SDM
4. Fauzi Efrizal, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Informasi, Teknologi, Ekonomi, Keuangan
5. Zulkarnaen, Kepala Dinas Perdagangan Dumai
6. Hendri Sandra, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Camat (Eselon III):
1. Adyan Bangga Prananta Harahap, Camat Dumai Barat
2. Zulfahren, Camat Dumai Timur
3. Agus Gunawan, Camat Bukit Kapur
4. Bustamam, Camat Dumai Kota
5. Yuda Pratama Putra, Camat Dumai Selatan

Lurah (Eselon IV):
1. Dwi Dharma Surya, Lurah Bagan Keladi, Kecamatan Dumai Barat
2. Teguh Ananta Putra, Lurah Purnama, Kecamatan Dumai Barat
3. Ganda Prawiranata, Lurah Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur
4. Zembrizon, Lurah Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur
5. Aga Muhaimin, Lurah Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur
6. Muajin, Lurah Bukit Kayu Kapur, Kecamatan Bukit Kapur
7. Parlen Julianto, Lurah Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan
8. Oki Noviar, Lurah Batu Tritip, Kecamatan Sungai Sembilan
9. Joko Susilo, Lurah Bintan, Kecamatan Dumai Kota
10. Muhamad Ali Imran, Lurah Sukajdi, Kecamatan Dumai Kota.

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved