KONI Prioritaskan Uji Coba Dalam Negeri Bagi Atlet Riau yang Lolos ke PON Papua

KONI Riau memprioritaskan uji coba dalam negeri bagi atlet Riau, meskipun sejumlah cabor sudah merancang uji coba ke luar negeri.

KONI Prioritaskan Uji Coba Dalam Negeri Bagi Atlet Riau yang Lolos ke PON Papua
Internet
Logo KONI

tribunpekanbaru.com - Beberapa cabang olahraga (cabor) yang atletnya lolos ke PON Papua tahun ini, sudah mengagendakan tempat latihan dan uji coba bagi para atletnya. Bahkan sebagian sudah menyiapkan rencana uji coba ke luar negeri.

Namun harapan para cabor ini belum bisa dipastikan oleh KONI Riau. Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis menegaskan, untuk saat ini dengan kekuatan anggaran yang ada, KONI hanya memprioritaskan uji coba atlet di dalam negeri.

"Kita utamakan dalam dalam negeri. Kalau ada atlet yang minta ke luar negeri, kita lihat lagi. Termasuk untuk TC," kata Emrizal kepada Tribun, Kamis (9/1).

Meski begitu, untuk pengajuan TC ke luar negeri tetap akan dianalisa KONI terutama mengenai peluang cabor dan atletnya meraih medali. Jika memang atlet yang diusulkan berstatus atlet unggulan dan peluangnya meraih medali besar, maka KONI akan merealisasikan.

"Intinya begini, kalau uji coba dalam negeri, tidak terlalu sulit kita lakukan. Kalau uji cobanya ke luar negeri, harus kita lihat dulu karena berkaitan dengan anggaran yang digunakan. Makanya kita bahas lagi," sebutnya.

Sebelumnya, KONI Riau sudah merencanakan untuk pelaksanaan TC Berjalan atlet PON Riau waktu pelaksanaannya hanya lima bulan. PON Papua sendiri rencananya akan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020. Jika KONI TC Berjalan lima bulan, maka pelaksanaannya baru digelar sekitar April mendatang.

"TC Berjalan kita hanya lima bulan, sedangkan TC Penuh cukup satu bulan saja," terang Emrizal lagi.

Alasan menggelar TC Berjalan hanya 5 bulan, selain masalah anggaran, juga untuk alasan efesiensi dan efektifitas TC. Sebab jika terlalu lama TC Berjalan digelar, dikhawatirkan menimbulkan kejenuhan pada atlet.

KONI sendiri sudah mendapatkan jumlah total atlet Riau yang lolos ke PON Papua 2020, yaitu 194 orang putra-putri. Jumlah ini dari 37 cabor yang akan diikuti Riau. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved