Sewakan Kios ke Pedagang Lain, DPP Pekanbaru Cabut SHP Oknum Pedagang di Pasar Limapuluh

Di Pasar Limapuluh Pekanbaru, ditemukan ada oknum pedagang menyewakan lagi kiosnya kepada pedagang lain dengan harga jauh lebih tinggi.

Sewakan Kios ke Pedagang Lain, DPP Pekanbaru Cabut SHP Oknum Pedagang di Pasar Limapuluh
tribun pekanbaru
Suasana di Pasar Limapuluh Pekanbaru, Kamis (9/1). Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pekanbaru menemukan ada oknum pedagang yang menyewakan lagi kiosnya kepada pedagang lain. 

tribunpekanbaru.com - Ada dugaan sejumlah kios di pasar yang dikelola Pemerintah Kota (pemko) Pekanbaru disewakan secara ilegal. Perilaku ini diduga dilakukan oleh oknum pedagang yang ada di pasar pemerintah.

Mereka seharusnya menempati kios yang ada sesuai Surat Hak Penempatan (SHP). Tapi ada di antara oknum pedagang yang kemudian malah menyewakannya dengan harga tinggi.

Nilai sewanya mencapai jutaan rupiah. Padahal retribusi yang mesti dibayarkan hanya berkisar Rp100.000 saja setiap bulannya.

Praktik jual beli kios oleh oknum pedagang ini pernah didapati di Pasar Palapa, Pasar Limapuluh, dan Pasar Rumbai. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, memastikan sudah mengambil alih kembali kios yang diduga disewakan secara ilegal tersebut.

"Kita sudah ambil-alih semuanya. Saat ini sudah tidak ada lagi kioas yang disewakan secara ilegal," terangnya kepada Tribun, Kamis (9/1).

Ingot tidak menampik ada sejumlah kios di pasar pemerintah yang disewakan oleh oknum pedagang kepada pedagang lainnya. Namun pihaknya sudah mencabut SHP pedagang yang menyewakan kios secara ilegal tersebut, dan kiosnya diambil alih oleh Pemko Pekanbaru.

"Kita ambil alih setelah mengetahui ada oknum pedagang yang menyewakan," tuturnya.

Pihaknya tidak cuma mencabut SHP yang dimiliki oknum pedagang, namun juga mengalihkan kios tersebut kepada pedagang yang baru.

"Jadi pedagang yang awalnya menyewa ke pedagang lain, sekarang sudah menempati kios itu. SHP-nya kita alihkan," paparnya.

Ingot mengaku sudah berulang kali mengingatkan, bahwa pedagang tidak diperbolehkan menyewakan kios yang disewanya dari pemerintah kepada pedagang lain. Mereka yang punya SHP harus menempati kios tersebut, bukannya mengambil keuntungan dengan menyewakan kembali. (fer)

Penulis: Fernando
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved