Breaking News:

Karhutla di Riau

Karhutla di Riau, Lahan Seluas Ratusan Meter Persegi di Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru Terbakar

Karhutla di Riau, Di Pekanbaru ada lahan seluas ratusan meter persegi di kawasan Air Hitam, Kota Pekanbaru terbakar, Kamis kemarin.

Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
FOTO ILUSTRASI - Anggota BPBD Kota Pekanbaru melakukan pemadaman lahan di kawasan Jalan Beringin, Kelurahan Sibam Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, Kamis (10/10/2019). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

PEKANBARU - Kondisi cuaca yang mulai memasuki musim panas memicu Karhutla di Riau.

Di Pekanbaru, ada lahan seluas ratusan meter persegi di kawasan Air Hitam, Kota Pekanbaru terbakar, Kamis (9/1/2020) kemarin.

Tim BPBD Kota Pekanbaru mengaku sudah melakukan upaya pemadaman di lahan tersebut. Ada lima personel melakukan proses pemadaman di kawasan itu.

Lahan kosong yang terbakar juga sudah dilokalisir. Pihaknya ingin mencegah kebakaran meluas di lahan gambut tersebut.

"Kita sudah lakukan upaya pemadaman, personel sudah mendatangi lokasi," papar Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra kepada Tribun, Jum'at (10/1/2020).

Menurutnya, lahan yang terbakar di kawasan Air Hitam ini berkisar 400 meter persegi. Ia memastikan baru satu titik lahan yang terbakar pada awal tahun 2020 ini.

Mereka berupaya mengantisipasi kebakaran kecil jadi meluas. Tim juga menggelar patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan.

"Jangan sampai ada titik api baru lagi," harapnya.

Posisinya berada di Kecamatan Payung Sekaki. Namun lokasinya lebih dekat dengan Kecamatan Tampan.

Mantan Camat Payung Sekaki mengimbau agar masyarakat mewaspadai kondisi cuaca ekstrem. Mereka diingatkan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Apalagi masih ada potensi kebakaran lahan di sejumlah wilayah di Kota Pekanbaru. Lahan gambut kering rawan terbakar saat cuaca ekstrem seperti saat ini.

"Kami mengajak masyarakat Pekanbaru untuk menaati aturan. Mayarakat bisa membantu upaya Pekanbaru bebas asap," ajaknya.

(Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved