Waspada Karhutla di Riau

BREAKING NEWS: Gubernur Syamsuar Buat Kesepakatan dengan Perusahaan, Antisipasi Karhutla di Riau

Gubri Syamsuar mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar meningkatkan kewapasdaanya terhadap bencana Karhutla di Riau.

BREAKING NEWS: Gubernur Syamsuar Buat Kesepakatan dengan Perusahaan, Antisipasi Karhutla di Riau
Istimewa
Gubri Syamsuar dan Gubernur Sumsel Herman bersama jajaran foto bersama usai rapat koordinasi penanganan Karhutla di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Sabtu (11/1/2020). 

BREAKING NEWS: Gubernur Syamsuar Buat Kesepakatan dengan Perusahaan untuk Antisipasi Karhutla di Riau

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar meningkatkan kewapasdaanya terhadap bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau.

Pesan ini disampaikan Gubri menyusul semakin dekatnya musim kemarau yang akan terjadi di Provinsi Riau yang diperkirakan terjadi di bulan Februari mendatang.

"Musim kemarau ekstrim akan kita hadapi dalam waktu dekat. Kita sudah melakukan koordinasi dengan berbagai stakeholder sampai ke desa agar dapat bersama-sama menjaga hutan dan lahan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," kata Gubri Syamsuar, Minggu (12/1/2020).

Waspada Karhutla di Riau, Kebakaran Lahan di Bengkalis Dipadamkan, Petugas Lakukan Pendinginan

Tidak hanya itu, Gubernur Riau juga telah melakukan kesepakatan bersama dengan perusahaan yang ada di Provinsi Riau.

Di antara kesepakatannya antara lain, perusahaan tidak akan melakukan pembakaran lahan dalam pembersihan areal.

Kemudian menyediakan dan melengkapi personil regu pemadam kebakaran lahan beserta sarana dan prasarana pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Selanjutnya perusahaan juga diminta melakukan pengendalian kebakaran lahan baik pada areal perusahaan maupun areal masyarakat sekitar perusahaan dalam radius 5 kilometer.

Pemprov Keluarkan Kebijakan Strategis untuk Tanggulangi Karhutla di Riau, Akan Ada Peran Mahasiswa

Waspadai Karhutla di Riau, Gubernur Syamsuar Rakor dengan Gubernur Sumsel, Saling Berbagi Pengalaman

Kemudian, perusahaan juga diminta bekerjasama dengan pemerintah provinsi maupun kabupaten Kota se Provinsi Riau dalam pengendalian kebakaran hutan dan membantu pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan khususnya dalam pengendalian kebakaran lahan.

"Kami juga minta kepada perusahaan agar bersedia diproses secara hukum jika patut diduga melakukan pembakaran lahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Syamsyar. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono).

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved