Berita Riau

Datangkan Artis Ibukota,Target Sedot 45.000 Wisatawan,Festival Perang Air di Kepulauan Meranti Riau

Festival Perang Air Kepulauan Meranti yang dijadwalkan mulai 25 Januari 2020 menargetkan dapat menarik 45.000 wisatawan.

Datangkan Artis Ibukota,Target Sedot 45.000 Wisatawan,Festival Perang Air di Kepulauan Meranti Riau
Tribunpekanbaru
Festival Perang Air di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KEPULAUAN MERANTI - Festival Perang Air Kepulauan Meranti yang dijadwalkan mulai 25 Januari 2020 menargetkan dapat menarik 45.000 wisatawan.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti, Indra Yuni mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih tengah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait guna pematangan festival tahunan tersebut.

"Kita masih rapat beberapa pihak, beberapa simpul untuk mendukung festival perang air ini. Masih ada waktu 2 minggu sebelum acara dimulai," ujar Indra Yuni, Minggu (12/1/2020).

Dikatakannya, Festival Perang Air akan dibuka 27 Januari 2020.

"Tanggal 25 jatuh Imlek langsung dimulai perang airnya, tapi untuk pembukaannya secara resmi oleh Bupati kemungkinan tanggal 27," ungkapnya.

Pelamar CPNS di Pemkab Kuansing Wajib Stempel Kartu Ujian, Jadwalnya 13-18 Januari 2020

Innalilahi Wa Innailaihi Rojiun, Khalila Bayi 11 Bulan Penderita Gizi Buruk Akhirnya Meninggal Dunia

Warga Terpaksa Pakai Perahu Seberangi Genangan Bajir,Desa Rantau Baru Pelalawan Riau Masih Terisolir

Dikatakan Indra, perang air akan dilaksanakan selama 7 hari berturut-turut. Sebagai event terbesar di Meranti dan sudah masuk kalender event Provinsi Riau, pihak Disparpora juga tengah menggarap dukungan baik dari Pemrov Riau dan pemerintah pusat untuk pelaksanaanya.

"Anggaran kita tidak besar, makanya kita cari support ke provinsi, kementerian, dan pihak ketiga," ujarnya.

Saat ditanya berapa anggaran yang tersedia oleh pemda untuk kegiatan ini Indra Yuni belum bisa memastikan.

Target wisatawan dalam dan luar negri yang akan hadir pada festival ini dikatakan Indra Yuni sebanyak 45.000 wisatawan.

"Karena koordinasi kita kan sudah luas melalui beberapa agent travel, beberapa vendor yang konsultan pariwisata. Kemudian dari promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata Riau kemudian dari kementrian juga. Itulah target kita," ujarnya.

Dengan target yang besar pihaknya juga nantinya akan menyediakan homestay untuk menyokong wisatawan yang hadir di Selatpanjang saat event berlangsung.

"Seluruh amenitas yang ada di Meranti akan kita berdayakan, termasuk homestay. Bahkan dari perhimpunan marga Tionghoa menyiapkan tempat-tempat juga untuk menampung, karena
fasilitas hotel kita gak memadai untuk menampung puluhan ribu," ungkapnya.

Tahun ini, Disparpora juga menargetkan berbeda dari tahun sebelumnya dengan mendatangkan banyak artis. "Ada Ifan Seventeen, itu supportnya dari provinsi, kemudian ada 4 artis yang dibawa keluarga marga Tionghoa," ujarnya.

Selain itu, Perang Air tahun ini akan diliput secara langsung oleh beberapa media asing. "Kemudian ada 4 atau 5 wartawan asing dari Thailand, Malaysia dan lainnya. Tapi mereka sudah confirm melalui Dinas Pariwisata Riau," pungkas Indra Yuni. (Tribunpekanbaru.com/teddy tarigan)

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved