Aplikasi SINERGI Pemko Pekanbaru Belum Optimal, Pegawai Harus Tunggu Lama Absensi

Sistem Informasi Kinerja Pegawai (Sinergi) di Pemerintah Kota Pekanbaru ternyata belum optimal.

Aplikasi SINERGI Pemko Pekanbaru Belum Optimal, Pegawai Harus Tunggu Lama Absensi
tribun pekanbaru
ASN Pemko Pekanbaru terjaring razia Satpol PP di kedai kopi saat jam kerja, Jumat (18/10/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sistem Informasi Kinerja Pegawai (Sinergi) di Pemerintah Kota Pekanbaru ternyata belum optimal.

Saat ini sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih kesulitan menerapkan aplikasi yang digagas Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Noer tidak menampik bahwa aplikasi sinergi masih butuh pembenahan. Ia mengaku bahwa penggunaan aplikasi ini belum sempurna.

"Aplikasi Sinergi ini nanti kita lihat kelemahannya, kemudian kita lakukan pembenahan,” ujar sekda kepada Tribun, Senin (13/1/2020).

Penerapan aplikasi ini juga terkendala sinyal internet di beberapa OPD. Ada yang terpaksa menunggu lama saat hendak absen lewat aplikasi sinergi. "Mereka protes sama kita karena sinyal aplikasi Sinergi tidak baik," terangnya.

Ia menyebut saat ini servernya juga sudah beralih ke Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kota Pekanbaru. Pemindahan server ini untuk memastikan aplikasi ini beroperasi optimal.

Aplikasi ini bertujuan untuk mengontrol kehadiran para ASN. Nantinya kehadiran ASN tercatat secara digital.

Noer pun mendorong OPD untuk memiliki sejumlah peralatan guna mendukung sinergi. Peralatan ini nantinya menunjang penerapan sinergi di OPD.

"Jadi saya lihat masih ada absennya manual. Nanti setelah diterapkan Sinergi, harus pencatatan secara digital," ulasnya.

Aplikasi Sistem Informasi Kinerja Pegawai (Sinergi) di Pemko Pekanbaru merupakan satu perwujudan konsep smart city.

Melalui aplikasi itu dapat diketahui kinerja pegawai secara terukur termasuk pemberian tunjangan.

Secara umum terdapat tiga fungsi aplikasi Sinergi tersebut. Yakni monitoring kinerja, dimana atasan dapat memonitor kinerja bawahan secara periodik. Baik harian, bulanan dan tahunan.

Kemudian berfungsi sebagai penilaian kinerja pegawai. Melalui aplikasi Sinergi penilaian kinerja lebih objektif berdasarkan realisasi kuantitas dan kualitas kinerja pegawai.

Terakhir, melalui aplikasi Sinergi dapat dijadikan sebagai acuan pembayaran tunjangan pegawai berdasarkan penilaian kinerja bulanan. (Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Penulis: Fernando
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved