Siak

Heboh Informasi Pasien BPJS Kesehatan di Siak Riau Tak Dilayani, Ternyata Begini Ceritanya

Heboh informasi pasien BPJS Kesehatan tidak mendapat pelayanan di Puskesmas Mempura, Jumat

Heboh Informasi Pasien BPJS Kesehatan di Siak Riau Tak Dilayani, Ternyata Begini Ceritanya
Selasar.com
Ilustrasi 

SIAK - Heboh informasi pasien BPJS Kesehatan tidak mendapat pelayanan di Puskesmas Mempura, Jumat (10/1/2020) kemarin. Pasien tersebut merupakan warga kecamatan Mempura, Muhammad Amin.

Informasi tersebut beredar pada konten media sosial dan grup-grup WhatsApp.

Hingga Senin (13/1/2020) pagi masih menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat.

Informasi yang dihimpun Tribunpekanbaru.com, pasien yang bernama M Amin datang ke Puskesmas Mempura dengan keluhan luka yang bernanah pada kaki. Luka tersebut bekas operasi.

"Pasien meminta dirujuk ke RSUD Tengku Rafian Siak. Tapi setelah dicek, luka tersebut bisa ditangani di Puskesmas itu, hanya membersihkan luka pada kakinya," kata Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Siak, Rina Purba.

Pihak Puskesmas menyarankan kepada pasien tersebut agar tidak dirujuk. Sebab, dokter umum pada Puskesmas itu masih bisa menangani keluhan pasien. Puskesmas Mempura tersebut tidak menolak pasien tersebut.

"Tetapi di media sosial dihebohkan dengan penolakan terhadap pasien. Saya ditelepon dan di -WA banyak orang. Saya cek langsung ke kepala Puskesmasnya, tidak ada ditolak," kata Rina.

Menurut Rina, ada beberapa penyakit yang semestinya harus tuntas ditangani tanpa dirujuk. Penyakit dimaksud masih dalam kompetensi dokter umum eperti demam, luka dan lain-lain.

"Kecuali sudah diobati seminggu tapi gak sembuh baru bisa dirujuk," kata Rina.

Sementara pada kasus M Amin, bukan penolakan seperti informasi yang dihebohkan. M Amin merupakan pasien pemegang kartu KIS dengan kategori Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBIJK) yang masih bisa ditangani oleh dokter umum pada Puskesmas Mempura.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved