Lisensi Teco Tak Memadai, Bali United Tunjuk Emral Abus Sebagai Pelatih untuk LCA

Bali United menunjuk Emral Abus sebagai pelatih kepala untuk kompetisi Asia, karena lisensi pelatih Stefano Cugurra tidak memadai.

Lisensi Teco Tak Memadai, Bali United Tunjuk Emral Abus Sebagai Pelatih untuk LCA
PSSI.ORG
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra (tengah). 

tribunpekanbaru.com - Bali United menunjuk Emral Abus sebagai pelatih kepala untuk kompetisi Asia. Terdekat, Bali United akan melakoni laga pendahuluan babak play-off Liga Champions Asia (LCA) kontra Tampines Rovers, Selasa (14/1) hari ini di Singapura.

Emral dipilih menjadi pelatih, karena Stefano Cugurra Teco terkendala lisensi yang tidak memadai untuk mendampingi tim di ajang Asia. Sehingga Emral Abus yang kemudian didaftarkan sebagai pelatih Bali United. Pelatih senior asal Sumatra Barat itupun sudah berada di Singapura bersama tim sejak Minggu (12/1) lalu.

"Ada sedikit persoalan dengan lisensi kepelatihan coach Teco, yang membuat secara administrasi dia tidak bisa didaftarkan sebagai pelatih kepala. Jadi kami putuskan untuk mendaftarkan coach Emral sebagai pelatih kepala," ujar Yabes Tanuri, CEO Bali United.

Bagi Emral Abus sendiri, menjadi pelatih kepala klub Indonesia di kompetisi Asia bukanlah hal baru. Ia pernah melakukan hal tersebut pada 2015 bersama Persib Bandung, karena saat itu lisensi Djadjang Nurdjaman tak memenuhi syarat.

"Walaupun begitu, secara teknis tim tetap sepenuhnya menjadi tanggung jawab coach Teco. Kami rasa juga secara teknis permainan tidak akan mengganggu persiapan yang sudah dilakukan coach Teco selama ini," terang Yabes.

Emral Abus sendiri di Indonesia lebih dikenal sebagai guru para pelatih. Itu karena pelatih asal Kota Padang, Sumbar tersebut, merupakan instruktur resmi AFC untuk setiap kursus pelatih di Indonesia, terutama kursus lisensi level tinggi seperti A AFC dan AFC Pro.

Saat ini, dia menjadi satu dari hanya 20 pelatih di Indonesia yang memegang lisensi AFC Pro, yang menjadi syarat untuk bisa melatih tim di level Asia.

Yakin Menang
Sementara itu, pemain asing Bali United, Melvin Platje, mengaku sudah tak sabar untuk melakoni laga melawan Tampines Rovers. Pemain asal Belanda ini bahkan yakin timnya akan meraih hasil maksimal karena persiapan berjalan lancar.

"Saya pribadi sangat senang ketika kami juara Liga 1 dan akan tampil di Asia musim ini. Saya ingin memberi penampilan terbaik untuk Bali United agar mendapat hasil positif di Asia," ujar Platje di laman resmi klub.

"Saya tahu Tampines Rovers tim bagus, dan saat ini saya bersama tim fokus untuk menghadapi mereka. Kami sudah bekerja keras selama latihan dan juga mengatur pola istirahat. Tentu kami akan berusaha sebaik mungkin," tambahnya. (rin)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved