Ada Tim Asal Korsel di Chiang Mai, Alasan Shin Tae-yong Ingin Timnas U-19 Pelatnas di Thailand

Skuad timnas U-19 rencananya akan diberangkatkan ke Thailand pada 20 Januari mendatang, setelah selesai seleksi yang sekarang sedang berjalan.

Ada Tim Asal Korsel di Chiang Mai, Alasan Shin Tae-yong Ingin Timnas U-19 Pelatnas di Thailand
internet
Shin Tae-yong saat seleksi timnas U-19. 

tribunpekanbaru.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dengan restu PSSI memilih Thailand sebagai tempat pemusatan latihan timnas U-19. Pelatih asal Korea Selatan itu punya alasan khusus soal pemilihan Negeri Gajah Putih untuk tempat latihan.

PSSI memanggil 59 pemain untuk mengikuti seleksi pembentukan timnas U-19. Proses seleksi itu berlangsung sejak Senin (13/1) lalu sampai Jumat (17/1) mendatang di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi.

Seleksi hari pertama Senin lalu diikuti 51 pemain. Nantinya, dari jumlah tersebut akan dicari 30 pemain yang bakal dibawa ke Thailand untuk mengikuti pemusatan latihan timnas U-19.

"Alasan pemusatan latihan di Chiang Mai, Thailand, karena di sana akan didatangi juga oleh tim-tim dari Korea Selatan. Rencananya, timnas U-19 nanti harus mampu bersaing dengan tim-tim tersebut. Makanya memilih di Thailand," kata Shin Tae-yong usai seleksi timnas U-19, Senin (13/1) sore lalu.

Rencananya, timnas U-19 akan menetap selama dua pekan di Chiang Mai untuk menggelar pemusatan latihan. Selain menjajal tim-tim asal Korsel, nantinya timnas U-19 juga akan beruji coba melawan tim lokal.

"Rencananya tanggal 20 Januari 2020 timnas U-19 akan berangkat ke Thailand. Ada 5 pertandingan melawan tim setempat untuk uji coba di sana. Mudah-mudahan nanti terseleksi dengan baik," ujar Mochammad Iriawan, ketua PSSI yang turu menyaksikan seleksi pemain timnas U-19, Senin sore lalu.

Timnas U-19 sepanjang 2020 memiliki dua agenda besar yakni Piala AFF dan Piala AFC. Piala AFF rencananya akan digelar di Indonesia, sedangkan Piala AFC digelar di Uzbekistan.

Timnas U-19 juga akan menjadi cikal bakal tim yang bakal berlaga di Piala Dunia U-20 tahun 2021. Tugas Shin Tae-yong dan jajarannya membentuk tim berkualitas yang layak bersaing di Piala Dunia mendatang.

Di luar itu, Shin Tae-yong mengkritik lapangan Stadion Wibawa Mukti. Menurutnya, dari pinggir kondisi lapangan terlihat bangus, namun setelah diinjak ternyata tidak terlalu bagus, bahkan dinilainya bisa membuat pemain cedera karena permukaan tidak rata.

Seleksi timnas U-19 digelar di Cikarang karena lapangan ABC di komplek Stadion GBK di Senayan, Jakarta, sedang dalam renovasi.

"Lapangan kurang bagus, bisa bikin pemain cedera. Padahal waktu saya lihat lapangan dari luar, itu bagus. Tapi ketika saya masuk lapangan dan menginjaknya, ternyata kurang bagus. Pemain harus hati-hati," kata Tae-yong usai latihan.

Mengenai peserta seleksi, pelatih asal Korsel itu menyebut para pemain belum tampil lepas dan terlihat agak grogi. Namun dia memaklumi, karena ini merupakan latihan pertama kali. "Pemain-pemain kelihatan grogi, mungkin karena ini baru kumpul pertama kali," ucapnya. (rin)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved