Dishub Pekanbaru Ajukan Naik Tipe A, Pansus SOTK DPRD Kunjungi UPT Baru

Dishub Pekanbaru mengajukan kenaikan tipe dari B menjadi A. Terkait hal itu Pansus DPRD Pekanbaru tinjau UPT baru Dishub.

Dishub Pekanbaru Ajukan Naik Tipe A, Pansus SOTK DPRD Kunjungi UPT Baru
tribun pekanbaru
Pansus SOTK DPRD Kota Pekanbaru mengunjungi Ruang ATCS di Kantor Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Selasa (14/1/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pansus Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) DPRD Kota Pekanbaru mengunjungi Kantor Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Selasa (14/1/2020).

Mereka ingin melihat kesiapan dinas tersebut naik tingkat dari tipe B menjadi tipe A. Terutama terakit penambahan bidang dan UPT di bawah Dinas Perhubungan.

"Jadi kami ke lapangan untuk melihat kesiapan Dinas Perhubungan," ujar Ketua Pansus SOTK DPRD Kota Pekanbaru, Zainal Arifin dalam pertemuan.

Dia bersama tim menilai banyak kemajuan di Dishub. Usulan dari Dishub perihal peningkatan tipe bertujuan untuk pengembangan transportasi.

Terdapat satu UPT baru yakni UPT Kendali ATCS dan Informasi Lalu Lintas. Ia menilai kehadiran UPT ini adalah inovasi dalam pengawasan lalu lintas.

Politisi Partai Gerindra ini menilai sudah layak Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru naik tingkat menjadi tipe A. Dengan kenaikan tipe bisa mengoptimalkan transportasi dan fasilitas publik.

"Kita sudah meninjau kondisi terkini, nanti hasil kunjungan akan segera diparipurnakan," imbuhnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan, kenaikan tipe ini untuk mengoptimalkan kinerja dinas.

Ia menyebut bahwa organisasi Dinas Perrhubungan Kota Pekanbaru sangat ramping. "Sementara tanggung jawab dinas cukup besar," paparnya.

Yuliarso menyebut ada penambahan UPT dalam usulan kenaikan tipe. Satu UPT baru yakni UPT Kendali ATCS dan Informasi Lalu Lintas.

Saat ini sudah ada empat UPT. Keempat UPT yakni UPT Perpakiran, UPT Pengujian Kendaraan, UPT Transportasi Perkotaan, dan UPT Pelabuhan. "Bila bertambah satu UPT berarti ada lima UPT," ulasnya.

Selain itu ada juga penambahan satu bidang baru. Nantinya bidang di bawah Dinas Perhubungan akan menjadi empat.

Satu bidang baru yakni Bidang Pengembangan Transportasi. Keberadaan bidang ini mendukung sejumlah pengembangan transportasi angkutan massal.

Saat ini baru ada tiga bidang. Yakni Bidang Manajeman Rekayasa Lalu Lintas, Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana dan Bidang Angkutan. (Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Penulis: Fernando
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved