KONI Riau Desak Pusat Agar Segera Pastikan 10 Cabor PON Papua yang Dicoret

KONI Riau masih gundah, karena hingga saat ini belum ada surat resmi tentang pencoretan 10 cabor dari PON Papua.

KONI Riau Desak Pusat Agar Segera Pastikan 10 Cabor PON Papua yang Dicoret
Internet
Logo KONI

tribunpekanbaru.com - KONI Pusat dan Pemprov Papua sudah dipastikan tidak akan menggelar pertandingan 10 cabor dari daftar awal 47 cabor pada PON XX Oktober 2020 mendatang. Alasannya ketidaksiapan venue dan minimnya anggaran.

Namun hingga Januari ini, sejumlah daerah masih mempertanyakan kepastian pencoretan 10 cabor tersebut. Sebab dari 10 cabor yang dicoret tersebut, sudah ada yang menjalani kualifikasi PON pada tahun lalu.

"Termasuk kita juga ada beberapa cabor yang sudah ikut Pra PON. Tapi sampai sekarang belum ada jawaban dari Kemenpora atau KONI Pusat," kata Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, Selasa (14/1) menjawab Tribun.

Emrizal mengaku, Riau sebagai peserta PON mengharapkan kepastian 10 cabor tersebut. Apakah sudah resmi tidak ditandingkan atau masih akan dipertimbangkan. Apalagi alasan dari beberapa daerah peserta PON yang menolak pencoretan, sangat masuk akal.

"Kita kan juga mengeluarkan biaya, seperti cabor dansa, ski air, petanque, sepeda, dan lainnya. Makanya kita butuh informasi kepastian 10 cabor ini. Kalau bisa bulan (Januari) ini sudah ada kepastian," katanya.

Saat ini, dari 37 cabor yang disanggupi tuan rumah Papua akan ditandingkan, Riau meloloskan 197 atlet dan 94 pelatih. Jika 10 cabor yang dicoret tetap ditandingkan, maka atlet Riau yang lolos PON jadi bertambah.

"Ini berkaitan dengan persiapan kita, terkait anggaran. Kan beda anggarannya jika jumlahnya bertambah. Ini yang harus dipahami pusat," ujarnya.

Ke-10 cabor yang dicoret tuan rumah Papua dari daftar pertandingan PON 2020 adalah balap sepeda, ski air, bridge, woodball, gateball, golf, soft tennis, tenis meja, dansa, dan petanque.

Sesuai jadwal dari Pemprov Papua, PON XX bakal digelar 20 Oktober sampai 2 November 2020, dibuka dan ditutup di Stadion Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Sedangkan 37 cabor yang sanggup ditandingkan tuan rumah adalah aerosport, aquatic, anggar, angkat berat, atletik, baseball, bermotor, biliar, basket, bola tangan, voli, bulutangkis, catur, kriket, dayung, gulat, hoki, judo, karate, kempo, layar, menembak, muaythay, panahan, panjat tebing, silat, rugbi, selam, senam, sepakbola, takraw, sepatu roda, taekwondo, tarung drajat, tenis, tinju, dan wushu. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved