Lampu Jalan Pekanbaru Pakai Smart Lighting, Tagihan pun Turun Menjadi Hanya Rp3 Juta Lebih per Bulan

Sebelum menggunakan penerangan cerdas, Dishub menyebut tagihan bulanan penerangan jalan mencapai belasan juta rupiah per bulan.

Lampu Jalan Pekanbaru Pakai Smart Lighting, Tagihan pun Turun Menjadi Hanya Rp3 Juta Lebih per Bulan
hippoprayogo.blogspot.co.id
Ilustrasi 

tribunpekanbaru.com - Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru tidak hanya hemat eneri dengan cara menggunakan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) hemat energi. Namun Dishub juga mengganti sejumlah PJU dengan smart lighting atau penerangan cerdas.

Infomasi didapat Tribun, Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru sudah memasang lampu penerangan cerdas ini di ratusan titik di Pekanbaru. Jumlah tepatnya adalah 165 titik yang saat ini sudah menggunakan PJU smart lighting.

Seratus lebih titik penerangan cerdas tersebut tersebar di sejumlah titik, di antaranya dipasang di Jalan Yos Sudarso dekat Hotel Mutiara Merdeka, dan Jalan Jendral Sudirman dekat Bandara SSK II Pekanbaru.

Selain itu, Dinas Perhubungan juga memasang lampu penerangan cerdas di komplek perkantoran Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Di tempat ini jumlahnya ada 65 titik lampu yang dipasang.

"Jadi kita sudah pasang di seratus lebih titik smart lighting," terang Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Pekanbaru, Tengku Ardi Dwisasti kepada Tribun, Kamis (16/1).

Diterangkan, PJU smart lighting merupakan lampu yang hemat energi. Ia menyebut, penggunaan lampu ini membuat penggunaan energi lebih hemat berkisar 60 persen.

Ardi mengatakan, bahwa tagihan listrik di sejumlah titik JPU selama ini untuk setiap satu bulannya mencapai belasan juta rupiah. Namun angka tagihan ini kini jauh menurun setelah lampu JPU diganti menggunakan jenis smart lighting.

"Sekarang ini tagihannya cuma sekitar Rp3 juta lebih saja untuk selama sebulan," terangnya.

Karena itu, Dishub Pekanbaru berencana mengajukan penambahan smart lighting untuk tahun 2020 ini sebanyak 500 titik lagi yang tersebar di sejumlah tempat di Pekanbaru.

"Perlahan smart PJU ini bisa diterapkan di kawasan pemukiman, agar penggunaan lampu PJU menjadi jauh lebih hemat," katanya lagi. (fer)

Penulis: Fernando
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved