NEWS VIDEO Peringatan Hari Dharma Samudera, Danlanal Dumai Sebut Jasa Pahlawan Harus Dikenang

Peringatan Dharma Samudera ditandai dengan pelarungan karangan bunga kelaut dilanjutkan dengan tabur bunga serta penghormatan kepada Pahlawan

NEWS VIDEO Peringatan Hari Dharma Samudera, Danlanal Dumai Sebut Jasa Pahlawan Harus Dikenang

TRIBUNPEKANBARU.COM-- Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Wahyu Dili Yudha Hadianto memimpin upacara peringatan hari Dharma Samudera di atas geladak Kapal Angkatan Laut (Kal) Tedung milik TNI AL Dumai, Rabu (15/1/2020).

Upacara peringatan hari Dharma Samudera dihadiri walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi, Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudisthira, S.I.K, M.H, Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Irdhan dan undangan lainnya.

Peringatan Dharma Samudera ditandai dengan pelarungan karangan bunga kelaut dilanjutkan dengan tabur bunga serta penghormatan kepada pejuang dan pahlawan  yang gugur di laut, kegiatan ini dilaksanakan berlayar di perairan Dumai di Dermaga A Dumai.

Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Wahyu Dili Yudha Hadianto usai upacara mengungkapkan,  bahwa peringatan hari Dharma Samudera pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan, sekaligus untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan laut yang telah gugur  dalam pertempuran laut untuk mempertahankan wilayah kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Jasa pahlawan harus dikenang, untuk menjadikan negara dan generasi kita semakin kuat kedepan, tampa mengenang jasa pahlawan kita tidak akan kuat," sebutnya.

Menurutnya, upacara peringatan Dharma Samudera  sebagai momentum instropeksi diri dan mengukur sejauh mana kadar pengabdian dalam upaya mewujudkan cita-cita luhur para pahlawan pendahulu Bangsa Indonesia, yakni menjaga NKRI agar tetap utuh.

"Upacara tabur bunga yang baru dilakukan tadi, merupakan bentuk penghormatan mengenang jasa-jasa para pahlawan laut yang gugur dalam pertempuran di laut melawan penjajah seperti  perjuangan Pahlawan Yos Sudarso dalam mempertahankan kedaulatan Negara Indonesia di laut tersebut," Jelasnya

Dirinya menjelaskan, hari Dharma Samudera diperingati setiap tanggal 15 Januari sejak tahun 1962 untuk mengenang peristiwa heroik di Laut Aru.

"Makna yang perlu diambil dalam peringatan Hari Dharma Samudera untuk generasi muda adalah mewarisi dan meneladani jiwa patriotisme para Pahlawan kita, di mana dengan penuh semangat hiroisme berjuang demi negara dan bangsa," pungkasnya.

Sebelumnya, Walikota Dumai,  Zulkifli mengucapkan selamat memperingati hari Dharma Samudera yang telah diperingati sejak 15 Januari 1962 untuk mengenang pertempuran di Laut Aru.

Ia menambahkan, Peringatan hari Dharma Samudera merupakan momentum mengenang sejarah dan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang gugur dalam Pertempuran Laut Aru.  

"Kepada generasi muda agar mewarisi semangat juang para pahlawan yang gugur dalam Pertempuran Laut Aru untuk menjaga kedaulatan NKRI," Pungkasnya.

NEWS VIDEO Peringatan Hari Dharma Samudera, Danlanal Dumai Sebut Jasa Pahlawan Harus Dikenang

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: didik ahmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved