Semua Puskesmas yang Ada di Kota Dumai Sudah Terakreditasi dan Sudah BLUD

Wali Kota Dumai, Zulkifli AS mengatakan, seluruh Puskesmas sudah terakreditasi, dan sudah berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)

Semua Puskesmas yang Ada di Kota Dumai Sudah Terakreditasi dan Sudah BLUD
tribun pekanbaru
Gubri menyalami warga yang dirawat saat meresmikan Puskesmas di Dumai beberapa hari lalu. 

tribunpekanbaru.com - Wali Kota Dumai Zulkifli AS menyebutkan, 10 Puskesmas yang tersebar di 7 kecamatan di Dumai sudah terakreditasi. Tidak hanya terakreditasi, semua Puskesmas itu juga sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Alhamdulillah, saat ini semua Puskesmas di Dumai sudah terakreditasi, bahkan semua juga sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)," katanya saat peresmian Puskesmas Bukit Kapur di Jalan Soekarno Hatta Dumai, oleh Gubernur Riau H Syamsuar, Rabu (15/1) lalu.

Dikatakan, akreditasi dimaksudkan agar pelayanan Puskesmas memenuhi standar yang ditetapkan sesuai amanat UU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.

Puskesmas yang sudah terakreditasi dan sudah menjadi BLUD yaitu Puskesmas Bukit Kapur, Puskesmas Dumai Barat, Puskesmas Bukit Timah, Puskesmas Purnama, Puskesmas Bumi Ayu, Puskesmas Dumai Kota, Puskesmas Jaya Mukti, Puskesmas Sungai Sembilan, Puskesmas Medang Kampai, dan Puskesmas Bukit Kayu Kapur.

Sedangkan mengenai BLUD, kata Zulkifli AS, menunjukkan keseriusan dan kepedulian Pemko Dumai untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Dumai salah satu kota di Riau yang telah berhasil menerapkan BLUD pada seluruh Puskesmas. Ini menunjukkan keseriusan dan kepedulian Pemko Dumai meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat," katanya.

Dengan telah terakreditasinya semua Puskesmas dan sudah menerapkan sistem BLUD, aparatur Puskesmas diharapkan dapat meningkatkan kinerja dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

Gubernur Riau H Syamsuar meresmikan empat Puskesmas di Kota Dumai yaitu Puskesmas Bukit Kapur, Bukit Timah, Purnama, dan Puskesmas Bumi Ayu, Rabu (15/1) lalu. Keempat Puskesmas ini dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN tahun 2019. Peresmian dipusatkan di halaman Puskesmas Bukit Kapur, Jalan Soekarno Hatta, Bagan Besar, Dumai.

Di sela peresmian, Gubri didampingi Wali Kota dan undangan lain meninjau fasilitas di Puskesmas Bukit Kapur seperti ruang rawat inap, IGD, apotek, dan mengunjungi warga yang tengah dirawat di Puskesmas tersebut.

Selain Puskesmas, Dumai juga punya pelayanan kesehatan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Pusat Kesehatan Kelurahan (Puskeskel), dan Sahabat Ambulan yang dapat digunakan secara gratis. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved