Karhutla di Riau

BREAKING NEWS: Karhutla di Kawasan Konservasi Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil Riau Meluas

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) melanda kawasan konservasi di Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil.

BREAKING NEWS: Karhutla di Kawasan Konservasi Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil Riau Meluas
Dok.Tribun Pekanbaru/Melvinas Priananda
FOTO ILUSTRASI - Kebakaran hutan. 

PEKANBARU - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) melanda kawasan konservasi di Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil Riau.

Kebakaran lahan di kawasan hutan lindung sudah berlangsung sejak tiga yang hari. Hingga, Jumat (17/1/2020) api masih berkobar membakar lahan di kawasan ini.

"Sudah ditangani, petugas gabungan saat ini sedang fokus melakukan pemadaman. Ada sekitar 40 personil gabungan yang sudah diturunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman, hari ini sudah masuk hari ketuga proses pemadamanya," kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Ghafur, Jumat (17/1/2020).

Jim mengungkapkan, sejauh ini api belum berhasil dijinakkan. Angin kencang dan cauaca yang kering membuat proses pemadaman menjadi semakin sulit.

Ditambah lagi sumber air yang sulit. Sehingga proses pemadaman masih terkendala.

"Cuaca di lokasi kebakaran cukup dan angin kencang jadi agak terhambat, api cepat meluas. Ditambah lagi sumber air juga gak sulit dan jauh dari lokasi kebakaran," ujarnya.

Meski kewalahan, petugas gabungan terus berjuang untuk memadamkan api di kawasan margasatwa giam siak kecil ini. Salah satunya adalah membuat sekat kanal agar api tidak menyebar.

"Petugas melakukan pendekatan di kepala apinya agar api tidak meluas," ucapnya.

Sementara untuk luas lahan yang terbakar, pihaknya sejauh ini belum mendapatkan laporan.

Sebab saat ini petugas di lapangan masih fokus melakukan pemadaman sehingga belum sempat memetakan luasan lahan yang terbakar di kawasan suaka margasatwa giam siak kecil tersebut.

"Untuk luasan lahan yang terbakar kita belum dapat informasi. Karena petugas masih fokus melakukan pemadaman, kalau nanti api sudah berhasil dipadamkan kita akan segera koordinasi dengan tim untuk melaporkan berapa luasan lahan yang terbakar di wilayah itu," katanya. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved