Karhutla di Riau

Karhutla Besar di Kawasan Konservasi Giam Siak Kecil Riau, Terkait Perambahan dan Pembalakan Liar?

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) hebat melanda kawasan hutan konservasi Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil, di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Karhutla Besar di Kawasan Konservasi Giam Siak Kecil Riau, Terkait Perambahan dan Pembalakan Liar?
Dok.Tribun Pekanbaru/Melvinas Priananda
FOTO ILUSTRASI - Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Terbakar pada 2015 lalu. 

PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla ) hebat melanda kawasan hutan konservasi Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil, di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Kebakaran terjadi sejak Kamis (16/1/2020) kemarin. Diperkirakan areal yang telah terbakar, luasannya sudah mencapai 10 hektare.

Tim gabungan dari Polri, TNI, Manggala Agni, BBKSDA Riau, dan lain-lain, saat ini masih terus melakukan upaya pemadaman.

Pemadaman juga melibatkan helikopter untuk melakukan water bombing.

Selain itu, 2 unit alat berat berupa eskavator juga dikerahkan untuk pembuatan embung penampung air dan menyekat api.

 "Kondisi saat ini, api masih belum dapat dipadamkan karena pemadaman yang belum maksimal. Sebab sumber air belum memadai. Selain itu topografi gambut kering dan semak belukar, memudahkan api menjalar," jelas Dian, Humas BBKSDA Riau.

Kawasan Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil yang merupakan bagian dari cagar biosfer di Riau, memang menjadi daerah langganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Diduga, kebakaran yang kerap terjadi di kawasan itu, lantaran maraknya aktivitas perambahan maupun pembalakan liar.

Terkait dugaan tersebut, Alfian Hardiman, selaku Kepala Seksi Balai Penegakan Hukum (Gakkum) KLHK Wilayah II Sumatera menyatakan, pihaknya akan mencari informasi lebih lanjut.

"Kalau di GSK (Giam Siak Kecil) kan ada pemangku wilayahnya, yakni BBKSDA Riau. Mungkin nanti dari petugas setempat akan kita mintai informasinya kalau memang di GSK," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved