Breaking News:

CPNS 2019

BREAKING NEWS: Hasil Simulai CAT CPNS 2019 Pemprov Riau, Peserta Masih Lemah di TIU dan TWK

Hasil simulai ujian SKD dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) CPNS 2019 yang dilakukan Sabtu (18/1/2020) kemarin sudah keluar.

Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
FOTO ILUSTRASI - Peserta tengah serius mengikuti simulasi ujian CPNS melalui sitem Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Negara (BKN), Pekanbaru Rabu (4/12/2019). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

PEKANBARU - Hasil simulai ujian SKD dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) CPNS 2019 yang dilakukan Sabtu (18/1/2020) kemarin sudah keluar.

Para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemprov Riau yang akan mengikuti Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) mulai 27 Januari hingga 10 Februari 2020 mendatang diminta untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Sebab dari hasil simulai ujian SKD dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang dilakukan Sabtu (18/1/2020) kemarin masih ditemukan kelemahan dalam menjawab soal.

Khususnya untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Sedangkan untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) poin rata-rata dari peserta simulasi sudah cukup memuaskan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Minggu (19/1/2020) menegaskan, meski simulasi CAT tersebut bukan ukuran untuk menentukan lulus atau tidaknya pasing grade, namun pelamar diminta untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi.

Memang dalam simulai CAT tersebut soal yang diujikan tidak sebanyak soal yang diujiankan saat SKD nanti.

"Hasil simulasi itu tidak bisa dijadikan acuan untuk pasing grade, karena jumlah soal yang disimulasikan itukan hanya 75 soal dengan waktu 60 menit. Jadi tidak bisa pelamar itu dikategorikan lulus pasing grade atau tidak, karena untuk ujian SKD itukan jumlahnya soal 100 dan waktunya 90 menit," kata Ikhwan.

Ikhwan menegaskan, simulasi ujian CAT ini dilaksanakan bertujuan untuk melihat kemampuan komputer dan servernya serta untuk melihat kemampuan peserta dalam menjawab soal ujian.

"Jadi tidak untuk melihat memenuhi pasing grade atau tidak. Karena total soalnya hanya 75 soal. Tujuan kita menggelar simulasi ini kan untuk membiasakan dan melatih peserta agar terbiasa dan tidak kaku dalam menjawab soal ujian dengan sistem CAT, menggunakan komputer," ujarnya.

Dari pelaksanaan simulasi tersebut, pihaknya menyimpulkan bahwa untuk sarana dan pra sarana Pemprov Riau sudah siap untuk melaksanakan ujian SKD yang akan dimulai 27 Januari mendatang.

"Alhamduliah kemarin lancar, tidak ada gangguan, baik Server maupun komputer yang dipakai peserta semua berjalan dengan baik dan tidak ada gangguan. Dari Kanreg BKN juga tidak ada catatan terkait hasil simulasi kemarin. InsyaAllah kita sudah siap untuk melaksanakan ujian SKD," ucap Ikhwan.

Jumlah peserta yang ikut dalam simulasi CAT CPNS Pemprov Riau sebanyak 18 orang. Kegiatan simulasi CAT dilaksanakan di Kantor UPT Penilaian Kompetensi BKD Riau, Jalan Amal Hamzah, Kelurahan Cinta Raja, Kecamatan Sail Pekanbaru.

Lokasi ini nantinya juga dijadikan sebagai tempat pelaksanaan ujian SKD CPNS Pemprov Riau yang akan dilaksanakan mulai tanggal 27 Januari - 10 Februari 2020 mendatang.

(Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved