Citizen Report

Mahasiswa Kukerta UNRI Gelar Workshop Pengembangan Potensi Desa dan Pelatihan Hidroponik Sederhana

Hidroponik adalah solusi untuk kedua permasalahan warga tersebut karena warga tidak perlu menanam sayuran dengan area luas cukup beberapa meter

Mahasiswa Kukerta UNRI Gelar Workshop Pengembangan Potensi Desa dan Pelatihan Hidroponik Sederhana
Tribun Pekanbaru/Suriyanto
Mahasiswa Kukerta UNRI Gelar Workshop Pengembangan Potensi Desa dan Pelatihan Hidroponik Sederhana 

Mahasiswa Kukerta UNRI Gelar Workshop Pengembangan Potensi Desa dan Pelatihan Hidroponik Sederhana

TRIBUNPEKANBARU.COM, CITIZEN JOURNALISM - Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Riau di Desa Sungai Tengah Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti mengadakan workshop.

Workshop tentang bagaimana mengembangkan potensi yang ada di Desa Sungai Tengah dan hidroponik sederhana dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah di dapatkan.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat tentang bagaimana mengembangkan potensi desa ala kekinian, masih dalam proses pengembangan sehingga hal ini dirasa perlu.

Disampaikan oleh salah seorang mahasiswi UNRI, Anggi yang mengatakan, kami melihat banyak yang bisa dikembangkan dari desa ini.

"Terutama dibidang kuliner contohnya seperti sagu. Memang sudah banyak produk olahan dari sagu disini, tapi hanya dibuat untuk makanan rumahan saja seperti kerupuk sagu, sempolet dan lain-lain," ungkap Anggi.

Jika ini sedikit dikreasikan sambil menyelaraskan dengan pengembangan desa, kata Anggi, maka dapat menjadi ladang uang untuk masyarakat, seperti pembuatan tempat khusus untuk penjualannya, kreasi rasa, brending, tampilan dan tongkrongan masa kini, mungkin.

Selain dari potensi desa tentang kuliner, Tim Pengabdian Universitas Riau juga membuat pelatihan yang mereka sebut “HIDROPONIK Sederhana”.

Seperti yang kita tahu hidroponik adalaha metode alternatif untuk pembudidayaan tanaman di area atau lahan yang sempit.

Kata mereka kegiatan ini sangat cocok dilaksanakan di desa sungai tengah karena beberapa alasan.

Halaman
12
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved