Berita Riau

Separuh Badan Jalan Tertutup Material, Hujan dan Angin Kencang Sebabkan Longsor di Kampar Riau

Longsor terjadi Jalan Lintas Riau - Sumbar di Km 82 dan Km 83 wilayah Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau.

Separuh Badan Jalan Tertutup Material, Hujan dan Angin Kencang Sebabkan Longsor di Kampar Riau
istimewa
Material longsor menutupi separuh badan Jalan Lintas Riau - Sumbar di Km 82 dan Km 83 wilayah Desa Merangin Kecamatan Kuok, Kampar, Senin (20/1/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Hujan lebat dan angin kencang yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (20/1/2020) menyebabkan terjadinya longsor dan pohon tumbang.

Seperti yang jerjadi pada Jalan Lintas Riau - Sumbar di Km 82 dan Km 83 wilayah Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar.

Longsor terjadi pada pagi hari. Akibat longsor, separuh badan jalan tertimbun material tanah, batu, dan kayu. Hingga Senin siang, material longsor masih belum dibersihkan sepenuhnya dari badan jalan.

Beruntung longsoran tebing bukit ini masih berskala kecil dan material longsor hanya menutupi setengah badan jalan, sehingga separuh jalan lagi masih bisa dilalui kendaraan.

Kapolsek Bangkinang Barat, Iptu Supriadi menjelaskan, dirinya mendapat informasi kejadian ini sekitar pukul 07.00 WIB dan langsung turun bersama anggotanya ke lokasi kejadian.

Selain longsor ada juga kejadian pohon tumbang yang terjadi di Km 82 Desa Merangin.

"Dapat informasi kita langsung mengerahkan anggota bersama Babinsa dan beberapa warga setempat untuk mengevakuasi batang pohon yang tumbang ini dari badan jalan," ungkapnya.

Usai membersihkan lokasi pohon tumbang tim bersama anggota dan Babinsa serta beberapa warga langsung menuju lokasi longsor di Km 83.

Beberapa orang warga terlihat membantu menyingkirkan material longsor berupa tanah bercampur lumpur dari badan jalan di lokasi, anggota Polsek mengatur arus lalulintas yang akan melewati kawasan ini dengan sistim buka tutup.

Tim dari Polsek hingga Senin siang masih menunggu alat berat di Dinas PUPR untuk menyingkirkan tanah dan lumpur yang masih menumpuk di badan jalan.

Iptu Supriadi mengatakan kejadian pohon tumbang dan longsoran tebing ini dikarenakan curah hujan disertai angin kencang.

"Apabila curah hujan masih tinggi dikhawatirkan akan terjadi lagi longsor di kawasan ini. Kita imbau kepada masyarakat pengguna jalan untuk berhati-hati dan waspada saat melewati kawasan ini terutama saat turun hujan," jelas Kapolsek Bangkinang Barat. (Tribunpekanbaru.com/ikhwanul rubby)

Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved