Indragiri Hilir

Sering Ngamuk, Dua Pria dengan Gangguan Jiwa Dipasung Keluarga, Dandim Inhil Datang Membebaskan

Dandim 0314/Inhil bersama Dinkes Inhil turun langsung mengunjungi 2 orang warga penderita penyakit ODGJ, Senin.

Sering Ngamuk, Dua Pria dengan Gangguan Jiwa Dipasung Keluarga, Dandim Inhil Datang Membebaskan
Istimewa
Dandim 0314/Inhil memberi minum kepada Herman, seorang ODGJ Dusun Pantai Harapan, Desa Teluk Kiambang, Kecamatan Tempuling. 

TEMPULING – Dandim 0314/Inhil bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Inhil turun langsung mengunjungi 2 orang warga penderita penyakit Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Senin (20/1/2020).

Tidak mengunjungi, Dandim juga bernegoisasi dengan pihak keluarga untuk membebaskan pasung 2 orang penderita ODGJ yang diketahui bernama Masril (26) dan Herman Sawiran (47) ini.

Kedua penderita ODGJ tersebut berada di 1 Desa namun beda Dusun, Musril berada di Parit 12 Dusun Karya Bakti dan Herman Sawiran di RT. 03, RW. 01 Dusun Pantai Harapan, Desa Teluk Kiambang, Kecamatan Tempuling.

Kedua ODGJ ini terpaksa di pasung oleh pihak keluarganya dengan alasan sering mengamuk dan menyerang orang lain ketika penyakitnya sedang kambuh.

Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal mengatakan, setelah melakukan mediasi atau koordinasi dengan pihak keluarga penderita ODGJ, akhirnya pihak keluarga mengizinkan untuk di lepaskan dari pasungan dan di bawa ke Rumah Sakit untuk di mendapat pengobatan.

Menurut Dandim, tidak semestinya penderita ini dipasung seperti ini meskipun membahayakan orang lain, karena sebagai insan manusia diciptakan dengan berbeda beda sifat, akhlak dan pemikiran serta dengan berbagai kekurangan.

“Semuanya tidak ada yang diciptakan sempurna, karena kesempurnaan itu hanyalah milik sang Pencipta, Allah SWT. Namun kita manusia sebagai makhluk sosial, makhluk yang berakal, masih punya cara yang lain untuk berusaha menyembuhkan mereka selain memasungnya yaitu dengan cara pengobatan,” tutur Dandim.

Setelah dibebaskan, dikatakan Dandim, selanjutnya Musril yang sudah 1 tahun di pasung ini akan dirujuk ke RS Jiwa Pekan baru untuk diobati dan Herman Sawiran yang telah dipasung 8 tahun akan dibawa ke RSUD Puri Husada Tembilahan.

“Semoga keduanya cepat dapat disembuhkan dan dapat beraktifitas serta bergaul kembali sebagai mana layaknya,” Harap Dandim. (*).

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved