Berita Riau

BERUANG Madu Masuk Kampung di Riau, Aparat Umpan dengan Cempedak, Tim BKSDA Pasang Kerangkeng

Hingga saat ini Kami sedang berupaya melakukan pencarian serta memasang perangkap besi di sekitar lokasi beruang madu tersebut terlihat

BERUANG Madu Masuk Kampung di Riau, Aparat Umpan dengan Cempedak, Tim BKSDA Pasang Kerangkeng
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
BERUANG Madu Masuk Kampung di Riau, Aparat Umpan dengan Cempedak, Tim BKSDA Pasang Kerangkeng 

BERUANG Masuk Kampung di Riau, Aparat Umpan dengan Cempedak, Tim BKSDA Pasang Kerangkeng

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Dalam menyikapi keluhan warga terhadap keberadaan beruang madu yang berkeliaran di wilayah RT 15 Kelurahan Bukit Timah, KM 3 Kecamatan Dumai selatan, Lurah Bukit Timah, Ali Muhajirin telah melakukan tindakan.

Dirinya mengaku, pihak kelurahan yang di bantu Babinkhatibmas, Babinsa serta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Dumai, memasang perangkap dengan kerangka besi mulai dari Selasa (21/1/2020) Sore.

"Hingga saat ini Kami sedang berupaya melakukan pencarian serta memasang perangkap besi di sekitar lokasi beruang madu tersebut terlihat," kata Lurah Bukit Timah Ali Muhajirin, Rabu, (22/01/2020).

Dirinya mengatakan, sesuai keterangan masyarakat yang sempat melihat beruang, satwa liar tersebut berwarna hitam dengan ukuran tubuhnya yang cukup besar, sebanyak dua ekor.

"Kejadian munculnya beruang itu terjadi pada Senin (20/1/2020) sedang berkeliaran di pemungkiman warga. Saat ini Masih belum kami ketahui jenis beruang tersebut, namun jika dilihat dari ciri-ciri yang disampaikan warga, satwa dilindungi tersebut sepertinya beruang madu," imbuhnya.

Untuk menangkap beruang tersebut, tambah Ali tim BKSDA Propinsi Riau Kota Dumai, telah memasang perangkap yang terbuat dari besi dan diberi umpan buah cempedak.

"Mudah-mudahan beruang tersebut tertarik dengan umpan yang kami pasang di dalam perangkap, sehingga beruang itu bisa segera kita tangkap," ucapnya

Diterangkanya, ‎hingga saat ini belum beruang madu belum tertangkap, meskipun begitu dirinya berharap pada masyarakat jangan panik dan harus menjauh dari lokasi lokasi yang menjadi lintasan hewan ini, bila melihat segera mengabari petugas dilapangan atau ke pihak RT terdekat.

‎Sementara, Mahfud Kepal Bidang Teknis Balai Besar KSDA Riau, mengaku telah mendapat informasi dari masyarakat, bahwa ada satwa liar Beruang madu yang muncul di pemukiman tepatnya di Jalan Abdul Rab Khan, RT.15 KM. 3 Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved