Breaking News:

Banjir di Riau

Banjir di Pangean Kuansing Riau Belum Ganggu Proses Belajar Mengajar di Sekolah

Air hanya menggenangi halamam sekolah namun tidak sampai masuk ke ruangan belajar.

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Ariestia
Istimewa
Sejumlah sekolah terdampak banjir di kecamatan Pangean, Kuansing. Namun proses belajar mengajar tetap berlangsung seperti biasa. 

TELUK KUANTAN - Koordinator Pendidikan Kecamatan Pangean, Kuansing, Aswandi memastikan banjir yang menerjang kecamatan tersebut belum mengganggu proses belajar mengajar di sekolah. Sekolah berjalan seperti biasanya.

"Belum ada sekolah yang terganggu akibat banjir kali ini. Sekolah seperti biasa," kata Aswandi, Kamis (23/1/2020).

Seperti diketahui, sejak Rabu pagi (22/1/2020), banjir menerjang wilayah kecamatan Pangean akibat luapan sungai Kuantan. Ada 13 desa yang terdampak banjir dan ribuan rumah terendam.

Diakuinya, ada beberapa sekolah yang terdampak banjir. Air hanya menggenangi halamam sekolah namun tidak sampai masuk ke ruangan belajar...

Dari 12 desa yang terdampak, ada dua yang cukup parah terkena banjir bahkan sempat terisolir. Dua desa tersebut yakni Pulau Kumpai dan Pulau Deras.

Itu terjadi di hari pertama banjir. Pada hari pertama banjir, di dua desa tersebut, ketinggian air sekitar 60 cm atau setinggi lutut orang desa.

Di dua desa tersebutlah beberapa sekolah terdampak banjir. Namun proses belajar mengajar tetap berjalan seperti biasa.

Aswandi juga mengatakan ketinggian banjir perlahan mulai surut. Ia pun tidak terlalu khawatir terkait proses belajar mengajar.

"Sudah mulai surut," terangnya.

Meluapnya air di Sungai Kuantan ini disebabkan karena curah hujan yang tinggi. Di Pangean sendiri, katanya, dalam sepekan ini, curah hujan tinggi.

Apalagi ditambah curah hujan dari hulu di Kecamatan Kuantan Mudik. Juga wilayah Sumbar. Ini membuat debit air makin tinggi.

Ini banjir perdana yang terjadi di 2020. Kecamatan Pangean ini memang kerap terkena banjir bila Sungai Kuantan meluap. Pada Desember 2019 lalu, kecamatan ini dua kali terkena banjir besar.

Kecamatan Pangean sendiri berada di wilayah bantaran Sungai Kuantan. Desa-desa di kecamatan ini juga banyak yang dipinggiran sungai. (Tribunpekanbaru.com / Palti Siahaan)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved