Banyak Motor Melawan Arah, Dishub Dumai Akhirnya Buka U-Turn Depan SMAN2

Tempat berputar atau u-turn ini awalnya ditutup total. Namun setelah banyak motor melawan arus, kini dibuka kembali namun hanya untuk motor.

Banyak Motor Melawan Arah, Dishub Dumai Akhirnya Buka U-Turn Depan SMAN2
tribun pekanbaru
Dinas Perhubungan Dumai membuka satu balok beton di u-turn depan SMAN 2 Dumai, agar motor bisa berputar arah dan tidak lagi melawan arus. 

tribunpekanbaru.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai membuka jalur berputar atau u-turn di depan SMAN 2 Dumai. Tindakan ini diambil setelah ditemukan banyak pengendara motor melawan arah untuk menuju SPBU Coco Jalan Putri Tujuh, atau ke Jalan Sultan Syarif Kasim.

Aksi nekat para pengendara motor tersebut karena arah perputaran kendaraan cukup jauh pascapenutupan u-turn di depan SMAN 2 Dumai beberapa waktu lalu. Masyarakat yang akan menuju Jalan Sultan Syarif Kasim harus berputar hingga di depan Balai Sri Bunga tanjung.

Pantauan di lapangan, saat ini satu balok beton yang menutup u-turn di depan SMAN 2 Dumai dibiarkan terbuka, sehingga celah tersebut bisa dilewati satu sepeda motor.

Dibukanya satu balok beton u-turn tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan antara Dinas Perhubungan Dumai, Polres Dumai, dan Pertamina RU II Dumai beberapa waktu lalu.

Sekretaris Dinas Perhubungan Dumai, Asnam, membenarkan pembukaan beton untuk kendaraan sepeda motor. "Langkah ini untuk meminimalisir jumlah kecelakaan lalu-lintas dan pelanggaran berlalu-lintas di jalan raya. Kita harapkan dengan dibukanya u-turn untuk roda dua tersebut, tidak ada lagi yang melawan arah," katanya Senin (27/1).

"Kita uji coba dulu, kita kasih cukup untuk satu motor. Koridornya kan uji coba, jadi kita uji coba kan dulu, pengaruhnya terhadap lalu-lintas gimana. Nanti kita akan kaji lagi, jadi mana yang harus kita tutup, mana yang kita buka, apakah kita buka di ujung-ujung atau ada satu di tengah," katanya. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved