Breaking News:

Tes CPNS 2019

NEWS VIDEO: Peserta Tes di Riau Ungkap Kesulitan Soal Test CPNS Tahun Ini

Peserta yang ikut SKD langsung bisa melihat hasil mereka di papan layar yang disediakan panitia di luar ruangan, sehingga langsung keluar perangkingan

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pelaksanaan Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di BKN Kantor Regional (Kanreg) XII Pekanbaru mulai digelar Senin (27/1/2020).

Pelaksanaan hari pertama berjalan dengan lancar. Yang mendapatkan rombongan pertama ujian ini untuk CPNS KPU

"Sejauh ini masih berjalan dengan lancar, tidak ada kendala, baik itu sarana maupun mengenai peserta, semuanya berjalan baik,"ujar Kordinator Tim Pelaksana Seleksi Nasional Pengadaan ASN Formasi di BKN Regional XII Emel Mayabari kepada tribunpekanbaru.com Senin (27/1/2020).

Menurut Emel peserta yang akan ikut menjalani SKD di Kanreg XII sebanyak 16.445 dari 19 Kementerian vertikal, akan berlangsung hingga 1 Maret 2020.

Peserta yang ikut SKD langsung bisa melihat hasil mereka di papan layar yang disediakan panitia di luar ruangan, sehingga langsung keluar perangkingan mulai nilai tertinggi sampai terendah.

Sebagaimana passing grade yang ditetapkan untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65, Tes Intelegensi Umum (TIU) 80 dan Tes Kepribadian (TKP) 126.

Andi Kurniawan Peserta CPNS di Dumai saat ditemui di BKN Regional mengatakan mengalami persoalan saat menyelesaikan ujian untuk Tes Intelegensi Umum, dimana ada banyak soal matematika yang bisa menghabiskan waktu.

"Tapi dengan diturunkan passing grade tahun ini ya menjadi tantangan bagi kami pejuang CPNS,"ujar Andi Kurniawan.

Andi Kurniawan sendiri mengaku sudah ikut seleksi CPNS hingga empat kali dan hasil yang dicapainya tahun ini kurang memuaskan, karena ada sebagian yang tidak memenuhi passing grade.

"Kalau saya pribadi hasilnya kurang memuaskan tahun ini, saya memang tidak ada ikut bimbingan belajar hanya belajar sendiri, kalau untuk lulus atau tidak kita tunggu hasilnya saja,"ujar Andi Kurniawan yang sengaja datang dari Dumai untuk ikut SKD CPNS di Pekanbaru.

Peserta lainnya Ade Irma Nasution saat ditemui Tribunpekanbaru.com mengakui untuk soal sendiri tidak sulit, hanya saja persoalan pada menajemen waktu.

"Soalnya tidak terlalu sulit, cuma waktu, manejemen waktunya yang dibutuhkan, kalau saya sendiri soal yang panjang saya tinggalkan saja, fokus ke soal yang pendek,"ujarnya.

Ade Irma Nasution juga puas dengan hasilnya, karena bisa mencapai passing grade yang ditetapkan, dimana ia meraih hasil TWK 65, TIU 115 dan TKP 135.

"Ini sudah ke tiga kali ikut, sudah dari dulu pengen abdi negara dan basic saya hukum pengen aktualisasi kan diri sebagai pelayan masyarakat saja, karena saya lihat sekarang masih banyak pelayanan pemerintah kurang bagus,"ujarnya.(tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved