Berita Riau

Tim Pemadam Bikin Sekat Blokir Api, Enam Hektare Lahan PT DSI di Koto Gasib, Siak, Riau Terbakar

Lahan perkebunan kelapa sawit milik PT Duta Swakarya Indah (DSI) seluas 6 hektare terbakar.

Tim Pemadam Bikin Sekat Blokir Api, Enam Hektare Lahan PT DSI di Koto Gasib, Siak, Riau Terbakar
Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
Pemadaman karhutla 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Lahan perkebunan kelapa sawit milik PT Duta Swakarya Indah (DSI) seluas 6 hektare terbakar.

Api mulai merambat di kebun sawit perbatasan Kampung Sengkemang dan Sri Gemilang, Kecamatan Koto Gasib, Siak itu berlangsung sejak Senin (27/1/2020).

Humas PT DSI, Edy kepada mengatakan pihaknya berjibaku memadamkan api sejak Senin. Api dapat dipadamkan namun seluas 6 hektare sawit berumur 5 tahun hangus terbakar.

"Ya, kita heran. Awalnya ada 3 titik api pada Hari Minggu. Anggota kita di lapangan didatangi 8 orang saat itu. Tapi titik api itu kita padamkan," kata Edy, Selasa (28/1/2020).

Namun demikian, api muncul kembali pada Senin. Api menyebar di luasan sekitar 5 sampai 6 hektare. Edy memastikan lahan terbakar itu adalah lahan PT DSI.

KPU Inhu Riau Umumkan 265 Orang Lulus Seleksi Administrasi Panitia Pemilihan Kecamatan

Wabup Meranti Riau Minta OPD Susun Program Secara Detil di Lokasi Prioritas

Ujian SKD CPNS Pelalawan Riau Berlangsung Tujuh Hari Dibagi 31 Sesi, Digelar Tanggal 5-11 Februari

Namun penyebab kebakarannya tetap ditelusurinya.

"Rasanya tidak mungkin terjadi kebakaran begitu saja. Karena itu kami melaporkan orang yang menemui anggota kami pada Hari Minggu itu. Kami sudah tahu orangnya," kata Edy lagi.

Kapolsek Koto Gasib Iptu Suryawan mengatakan, Tim Satgas Karhutla telah melakukan pemadaman sejak Senin kemarin. Petugas memotong atau menyisir kepala api dan melakukan pemblokiran.

Satgas menggunakan mesin pompa ministreker 3 unit milik PT KTU Astra, mesin Robin 2 unit milik pemerintahan kecamatan, mesin Robin 4 unit dan 1 alat berat milik PT DSI, 1 unit mesin Kholer, slang 1 1/2 10 gulung dan nozle 1 1/2 2 unit serta mobil angkut armada Satpol PP Siak dan sepeda motor KLX.

Pemadaman dilakukan Tim Satgas Karhutla yakni Damkar BPBD Siak 5 orang, polisi 15 orang, MPA 5 orang, Satpol PP 3 orang, TNI 6 orang, RPK PT KTU Astra 8 orang dan karyawan PT DSI 10 orang.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved