Waspada Virus Corona, Menpar Minta Agen Pariwisata Memperhatikan Paket Wisata Inbound dari China

Guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona masuk ke Indonesia, sejumlah langkah sudah dilakukan.

Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Sejumlah penumpang dan petugas di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru memakai masker guna mengantisipasi penyebaran virus Corona, Senin (27/1/2020). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir). 

Waspada Virus Corona, Menpar Minta Agen Pariwisata Memperhatikan Paket Wisata Inbound dari China

TRIBUNPEKANBARU - Guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona masuk ke Indonesia, sejumlah langkah sudah dilakukan.

Upaya pencegahan terbaru yang dilakukan pemerintah dengan memperketat pengawasan wisatawan asal China ke Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyatakan perlunya mengambil langkah antisipasi semua pihak untuk mencegah masuknya virus corona ke Indonesia.

Menurutnya stakeholder pariwisata termasuk asosiasi serta seluruh kepala Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota diimbau untuk turut serta memantau arus kedatangan wisatawan mancanegara di pintu masuk kedatangan negara, baik darat, laut, maupun udara di daerahnya masing-masing.

“Bila menemukan wisatawan yang mengalami gejala-gejala terinfeksi virus corona, antara lain mengeluh sakit, terganggunya saluran pernapasan, pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan demam yang berlangsung beberapa hari, wisatawan tersebut harus langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat,” kata Wishnutama melalui keterangan persnya Selasa (28/01/2020).

Kemenparekraf berharap keadaan segera pulih dan wabah dapat ditangani sesigap mungkin sehingga tidak semakin meluas dan kekhawatiran terkait penyebaran virus corona tidak menimbulkan keresahan bagi semua pihak.

“Mengimbau kepada agen perjalanan wisata agar memperhatikan situasi dan imbauan pemerintah dalam penjualan paket wisata outbond ke China maupun inbound China ke Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri telah mengeluarkan travel advice bagi warga negara Indonesia yang hendak berkunjung ke China.

Halaman
1234
Editor: Ilham Yafiz
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved