Antisipasi Virus Corona

Antisipasi Virus Corona di Bengkalis, Kesehatan 4 WNA yang Tampil Pada Perayaan Imlek Diperiksa

Pemeriksaan empat WNA ini dilakukan di hotel tempat mereka menginap dan salon tempat berias tidak jauh dari hotel.

Antisipasi Virus Corona di Bengkalis, Kesehatan 4 WNA yang Tampil Pada Perayaan Imlek Diperiksa
Istimewa
Proses pemeriksaan WNA oleh pihak Dinas Kesehatan Bengkalis, Rabu (29/1/2020) 

BENGKALIS - Mengantisipasi masuknya virus corona ke Bengkalis, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkalis melakukan pemeriksaan terhadap empat orang warga negara asing (WNA) yang masuk ke Bengkalis untuk memberikan hiburan di malam puncak perayaan Imlek Klenteng Hok Ann Kiong Bengkalis.

Empat WNA yang diperiksa tersebut merupakan warga negara Taiwan dan Malaysia.

Hal ini diungkap Alwizar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bengkalis, Rabu (29/1/2020) siang.

Pemeriksaan empat WNA ini dilakukan di hotel tempat mereka menginap dan salon tempat berias tidak jauh dari hotel.

Menurut Alwizar, dari pemeriksaan ini dilakukan kondisi empat WNA ini tidak terindikasi adanya virus corona. "Karena tidak terindikasi Corona kita benarkan mereka untuk tetap melakukan aktifitas di Bengkalis," terang Alwizar.

Menurut Alwizar pemeriksaan yang dilakukan diantaranya pemeriksaan suhu tubuh, dimana suhu tubuh mereka yang kita periksa dibawah 38,5 derajar celcius.

Proses pemeriksaan WNA oleh pihak Dinas Kesehatan Bengkalis, Rabu (29/1/2020)
Proses pemeriksaan WNA oleh pihak Dinas Kesehatan Bengkalis, Rabu (29/1/2020) (Istimewa)

Kemudian pemeriksaan infeksi saluran tenggorakan yang juga hasil pemeriksaan terhadap WNA ini tidak ditemukan.

"Indikasi infeksi saluran pernafasan juga tidak kita temukan, begitu juga kondisi pupil mata juga tidak menunjukkan demam. Dari pemeriksaan ini empat WNA ini tidak terindikasi terkena virus corona," jelas Alwizar.

Selain empat WNA ini, masih ada tiga lagi WNA yang datang untuk memberikan hiburan pada perayaan Imlek nantinya. Namun tiga WNA ini tidak dilakukan pemeriksaan karena masuk ke Bengkalis melalui pelabuhan internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selat Baru, dimana di sana pintu masuknya sudah ada proses screening.

"Jadi tidak perlu kita periksa lagi, karena di Pelabuhan BSSR Bengkalis sudah ada pemeriksaan sebelum masuk ke Bengkalis," terang Alwizar.

Menurut dia, pemeriksaan dilakukan merupakan bentuk antisipasi agar wabah virus corona ini tidak masuk ke Bengkalis.

"Untuk pintu masuk langsung dari Malaysia sudah kita aktifkan screening, kemudian mereka yang datang dari Malaysia juga sudah diantisipasi oleh pihak Malaysia," ungkapnya.

Selain itu proses screening juga dilakukan di pelabuhan Bandar Sri Laksamana (BSL) Bengkalis Namun proses screening di sini hanya antisipasi lanjutan.

"Karena mereka yang masuk dari BSL ini sudah tersaring terlebih dahulu baik dari Dumai, maupun dari Batam dan Tanjung Balai Karimun. Jadi screening yang tetap dilakukan di BSSR," tandasnya.(tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved