Berita Riau

Bawaslu Kuansing Riau Temukan Pelamar PPK Terindikasi Anggota Partai Politik

Bawaslu Kuansing menemukan ada pelamar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Kuansing 2020 terindikasi anggota parpol

Bawaslu Kuansing Riau Temukan Pelamar PPK Terindikasi Anggota Partai Politik
istimewa
Komisoner Bawaslu Kuansing, Teddy Niswansyah (kanan) bersama anggota Bawaslu lainnya melakukan pengawasan dalam perekrutan anggota PPK Kuansing. 

TRIBUNPTELUK KUANTAN,TRIBUN - Bawaslu Kuansing menemukan ada pelamar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Kuansing 2020 terindikasi anggota partai politik (parpol). Hal ini jelas melanggar aturan.

Temuan ini berdasarkan hasil penyisiran Tim Bawaslu terhadap pelamar PPK yang dinyatakan lulus administrasi oleh KPU Kuansing, Rabu (29/1/2020).

Dalam pengumuman tersebut, dinyatakan 518 pelamar lulus administrasi. Para pelamar ini pun berhak mengikuti ujian tertulis.

"Bawaslu Kuansing menemukan ada pelamar PPK yang lulus adminitrasi terindikasi anggota parpol," kata Teddy Niswansyah, SIKom, Komisioner Bawaslu Kuansing.

Jumlah pelamar PPK yang terindikasi terlibat politik praktis tersebut ada dua orang. Keduanya terdaftar dalam Daftar Caleg Tetap (DCT) Pemilu 2019 lalu. Ia mengakui pihaknya telah mengantongi nama-nama pendaftar lulus adminsitrasi yang terindikasi anggota parpol.

Gubernur Riau Bakal Resmikan Hasil Pemugaran Istana Peraduan Siak di Februari 2020

Antisipasi Corona,Artis dari Taiwan yang Tampil di Puncak Imlek Bengkalis Riau Diperiksa Kesehatan

RSUD Selasih Riau Siapkan Ruang Isolasi, Antisipasi Virus Corona, Dua Dokter Spesialis Disiagakan

Teddy mengatakan, diantara syarat PPK adalah tidak terlibat sebagai anggota dan pengurus parpol. Selanjutnya, tidak menjabat sebagai PPK dua kali periode berturut-turut.

Pihaknya masih melihat daftar DCT Pemilu 2019. Belum lagi kepengurusan setiap parpol.

"Kita akan sisir lagi. Apalagi nanti saat 10 besar," kata Teddy.

Temuan dua pelamar PPK yang juga tercatat dalam DCT Pemilu 2019 ini belum disampaikan ke KPU Kuansing. Rencananya, Kamis (30/1), pihaknya akan menyampaikan ke KPU Kuansing.

"Syarat PPK adalah mutlak dijalankan karena penyelenggara yang profesional dan berintegritas merupakan indikator keberhasilan Pilkada di Kuansing," ujar Kordiv Pengawasan Bawaslu Kuansing ini.

Halaman
12
Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved