Desa Rantau Bertuah Siak Kini Punya Minimarket yang Merupakan Badan Usaha Milik Kampung

Peresmian minimarket ini langsung dilakukan Bupati Siak, Alfedri, yang berharap agar minimarket ini berkembang pesat.

Desa Rantau Bertuah Siak Kini Punya Minimarket yang Merupakan Badan Usaha Milik Kampung
tribun pekanbaru
Bupati Siak Alfedri, melihat produk yang dijual di Bumkam Mart Kampung Rantau Bertuah, Minas, Rabu (29/1). 

tribunpekanbaru.com - Penghulu Rantau Bertuah, Darbi, mengaku sangat gembira karena minimarket di kampung itu akhirnya diresmikan. Minimarket tersebut merupakan Badan Usaha Milik Kampung (Bumkam) setempat, yang diberi nama Bumkam Mart Tuah Rezeki.

"Alhamdulillah, ini hari yang baik bagi kami, karena kampung kami sekarang punya badan usaha berupa minimarket," kata Darbi, Rabu (29/1) di sela peresmian.

Ia mengatakan, minimarket yang dibangunnya juga menjual kebutuhan masyarakat sehari-hari. Produk yang dijual juga sangat banyak, termasuk produk masyarakat setempat.

"Bumkam Mart akan menjadi wadah untuk memasarkan produk-produk warga kampung Rantau Bertuah. Sehingga produk hasil karya masyarakat akan dapat bersaing dengan produk lainnya," kata dia.

Disebutkan, dibukanya minimarket itu akan memudahkan masyarakat setempat dalam mendapatkan kebutuhan sehari-hari. Kemudian dapat pula menyerap tenaga kerja dari pemuda-pemudi setempat, serta bisa menambah pendapatan pemerintahan kampung.

"Kalau perlu ini berkembang dan dapat buka cabang di berbagai tempat. Jika kita mampu dan bisa kenapa tidak," kata dia.

Menurut rencananya, untuk kemajuan kampung itu ia juga akan membuat wisata alam, serta usaha perkebunan dan peternakan. Perkebunan ubi kayu bahkan telah memberikan hasil, dan panen perdananya dihadiri Bupati Siak, Alfedri.

Menariknya, peresmian Bumkam Mart tersebut juga langsung dilakukan oleh Bupati Siak Alfedri. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Alfedri. Ia didampingi penghulu kampung Darbi, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Siak. Saat peresmian itu, Alfedri juga meninjau isi dalam BUMKam Mart.

"Harapan kami, Bumkam Mart ini dapat mengangkat ekonomi masyarakat kampung, karena potensi ekonomi kampung sangat luar biasa jika dikembangkan dengan baik. Kreativitas dan inovasi pengurus Bumkam ini sangat kita harapkan," kata Alfedri.

Bupati berharap Bumkam Mart ini tidak hanya menjual produk kebutuhan sehari-hari. Namun juga menjual produk dari pelaku usaha kecil warga setempat, seperti kerupuk ubi, kue basah, dan lain sebagainya.

"Semoga BUMKam Tuah Rezeki Rantau Bertuah ini bisa berkembang pesat dan bisa memberikan kesejahteraan untuk masyarakat," kata dia.

Pada kesempatan itu, Alfedri juga menyerahkan bantuan sosial berupa beras dan minyak goreng kepada 36 lansia dan 5 orang disabilitas. Kemudian bantuan bola voli dan satu net kepada pemuda kampung, serta bantuan untuk PAUD, TK, MDTA, MDTW, Pos Yandu Lansia dan Balita. (myo)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved