Antisipasi Virus Corona

Dokter Spesialis dan APD Siaga di Ruang Isolasi RSUD Pelalawan Riau, Antisipasi Virus Corona

RSUD Selasih Pelalawan Riau menyiapkan satu ruangan isolasi untuk menangani penyebaran virus corona, Rabu

Dokter Spesialis dan APD Siaga di Ruang Isolasi RSUD Pelalawan Riau, Antisipasi Virus Corona
Istimewa
Diskes Pelalawan siapkan ruangan isolasi di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci setelah menggelar rapat koordinasi mengantipasi virus Corona, Selasa (28/1/2020) sore lalu. 

PANGKALAN KERINCI - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Riau menyiapkan satu ruangan isolasi untuk menangani penyebaran virus corona, Rabu (29/1/2020).

Ruang isolasi yang disiagakan berada di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD yang dilengkapi dengan alat kesehatan (Alkes) pendukungnya.

Tim penanganan yang dibentuk Dinas Kesehatan (Diskes) dan RSUD Selasih akan melayani di ruang isolasi yang dipimpin dua dokter spesialis yakni spesialis paru dan anak, dibantu beberapa perawat.

"Alat Pelindung Diri atau APD juga sudah kita siapkan sesuai standar penanganan penyakit KLB seperti virus corona ini," ungkap Direktur RSUD Selasih Pangkalan Kerinci, dr Khairul, kepada tribunpekanbaru.com, Rabu (29/1/2020).

Khairul menurutkan, pihaknya juga mendapat bantuan dari Diskes Provinsi Riau berupa masker 50 buah, sepatu boat, dan baju astronot yang representatif dalam penanganan penyakit menular seperti Corona.

Selain itu, ambulance khusus merujuk pasien terindikasi virus corona juga disediakan, berbeda dengan ambulance untuk pasien umum.

Khairul memastikan, ruang isolasi yang disiapkan bukan untuk penanganan atau perawatan pasien saspek corona.

Namun hanya untuk memastikan warga yang terindikasi positif mengidap virus atau hanya flu biasa. Setelah dipastikan positif, tim langsung melakukan rujukan ke RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru.

"Kita cuman memastikan saja apakah positif atau tidak. Jika memang benar langsung kita bawa ke Pekanbaru. Penanganan dan perawatannya disana, bukan disini. Hanya untuk mengisolasi saj," tambah Khairul.

Dijelaskannya, sejak ruang isolasi khusus virus corona dibuka, belum ada warga yang terindikasi penyakit mematikan itu yang diisolasi.

Sejauh ini temuan di lapangan juga masih nihil, termasuk di lingkungan perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA). (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved