Antisipasi Virus Corona

Imigrasi Riau Langsung Deportasi WNA China Jika Terindikasi, Langkah Antisipasi Virus Corona

Selanjutnya disebutkan Mujiyono, WNA asal China itu akan dicek langsung kondisi fisik dan kesehatannya untuk antisipasi Virus Corona.

Imigrasi Riau Langsung Deportasi WNA China Jika Terindikasi, Langkah Antisipasi Virus Corona
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
FOTO ILUSTRASI - Mengantisipasi merebaknya virus corona penyebab demam panas (Pneumonia) dari China, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Dumai, melakukan pemeriksaan terhadap anak buah kapal (ABK), kapal-kapal dari Cina yang bersandar di dermaga Pelindo. 

PEKANBARU - Pasca mewabahnya virus corona secara lebih luas, pihak Imigrasi di Riau menerapkan pola pengawasan yang lebih ketat di sejumlah pintu masuk kedatangan Warga Negara Asing (WNA), khususnya asal Negeri Tirai Bambu, China.

"Jadi kalau ada WNA asal China datang ke airport (bandara) Pekanbaru, petugas kita akan berkoordinasi dengan kawan-kawan Timpora (Tim Pengawas Orang Asing) dari KKP," jelas Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Riau, Mujiyono, Rabu (29/1/2020).

Selanjutnya disebutkan Mujiyono, WNA asal China itu akan dicek langsung kondisi fisik dan kesehatannya.

Untuk mengetahui apakah yang bersangkutan terindikasi terjangkit Virus Corona atau tidak.

"Kalau dia terindikasi, langsung kita deportasi. Tidak akan diperiksa lagi secara keimigrasian. Tapi kalau negatif, baru kita proses keimigrasiannya," katanya.

BREAKING NEWS: RSUD Pelalawan Riau Siapkan Ruang Isolasi, Antisipasi Virus Corona

Selain di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru sebagai sarana masuk lewat jalur udara, diungkapkan Mujiyono, pengawasan ketat juga dilaksanakan di sejumlah pelabuhan laut.

Seperti yang ada di Kota Dumai, di Kabupaten Bengkalis, dan Selatpanjang di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kebetulan sampai saat ini belum ada penumpang China yang masuk (lewat pelabuhan). Di sana lebih banyak WNI dan WNA asal Malaysia. Untuk WNA China lebih banyak lewat Pekanbaru," terangnya.

Sementara dipaparkan Mujiyono, sejauh ini dari hasil pemantauan di lapangan, belum ada ditemukan penumpang asal China yang terindikasi positif Virus Corona yang datang ke Riau.

"Sampai saat ini belum," tuturnya.

Halaman
1234
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved