Pekanbaru

Kios Penampungan Sementara Segera Dibongkar, Pedagang Akan Tempati Bangunan STC Pekanbaru

Bangunan tempat penampungan sementara tersebut akan dibongkar dan dibersihkan, sehingga terlihat wajah pusat perbelanjaan STC.

Kios Penampungan Sementara Segera Dibongkar, Pedagang Akan Tempati Bangunan STC Pekanbaru
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Pekerja tengah mengerjakan bagian atas gedung Sukaramai Trade Center (STC), Jalan Sudirman Pekanbaru, Rabu (22/1/2020). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan segera memindahkan pedagang di tempat penampungan sementara pasar Sukaramai ke bangunan baru Sukaramai Trade Center (STC). Karena proses pembangunan STC sendiri sudah hampir rampung.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ingot Ahmad Hutasuhut Rabu (29/1/2020), menurutnya pedagang yang berada di tempat penampungan sementara itu merupakan korban kebakaran sebelumnya yang jumlahnya 1200 pedagang.

"Pembongkaran kios tempat penampungan sementara akan segera dilakukan, berhubung di dalam sudah selesai maka akan ditempatkan pedagang ke dalam,"ujar Ingot Ahmad Hutasuhut.

Bangunan tempat penampungan sementara tersebut akan dibongkar dan dibersihkan, sehingga terlihat wajah pusat perbelanjaan STC tersebut.

"Selama inikan menjadi akses masuk ke STC akan dinormalisasi kembali,"ujarnya.

Pihaknya memberikan waktu kepada pedagang untuk pindah dan membongkar bangunan penampungan sementara itu mulai dari 30 Januari sampai 7 Februari.

"Jadi kita minta sudah melalui proses pemindahan seminggu," jelas Ingot Ahmad Hutasuhut.

Sementara itu untuk penempatan juga sudah diatur dan sebagian besar pedagang sudah melakukan pembayaran kepada pengelola dan yang belum segera dibayarkan karena tidak gratis.

"Yang korban kebakaran 1200, kalau kios yang tersedia di STC itu ada 1900 kios, sesuai perjanjian dengan pihak pengelola prioritas dulu korban kebakaran baru pedagang baru yang dijual kiosnya,"ujar Ingot.

Ingot menargetkan, Maret sudah tuntas dan aktivitas berjalan normal tidak ada lagi Tempat Penampungan Sementara di areal STC.

Sebagaimana diketahui pada 2015 silam terjadi kebakaran hebat di pasar Sukaramai Pekanbaru dan sebanyak 1200 pedagang berjualan disana menjadi korban.

Saat ini pasar tersebut sudah direvitalisasi kembali dan sudah bisa digunakan kembali. Pedagang sudah bisa kembali berjualan di sana. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved