Breaking News:

NEWS VIDEO: Kakek Pembakar Lahan 20 x 20 Meter Dituntut 4 Tahun Penjara & Denda 3 Miliar

Syafrudin merupakan petani asal Pekanbaru Riau yang membakar lahan luas 20 x 20 meter yang dituntut penjara 4 tahun dengan denda 3 miliar.

Penulis: Aan Ramdani
Editor: Aan Ramdani

NEWS VIDEO: Petani Bakar Lahan 20 x 20 Meter Dituntut 4 Tahun Penjara & Denda 3 Miliar

TRIBUNPEKANBARU.COM- Syafruddin, pria berusia 69 tahun ini menghadapi tuntutan kurungan 4 penjara dan denda Rp 3 miliar atas kasusnya membakar lahan seluasa 20x20 meter yang ia gunakan untuk bercocok tanam.

Syafrudin terlihat hanya tertunduk lesu saat mengikuti sidang lanjutan tahap Replik (Tanggapan Jaksa Penuntut Umum atas Pledoi) yang berlangsung, Selasa (28/1/2020) di ruang sidang Wirjono Projodikoro Pengadilan Negri Pekanbaru.

"Harapan kita majenis hakim nantinya memberikan putusan yang juga melihat fakta-fakta, kronologi yang terbuka dipersidangan," jelas Kuasa Hukum, Rian Sibarani kepada tribunpekanbaru.com.

Menurutnya, lahan 20 x 20 meter yang dibakar oleh Kakek Syafrudin tidak lain untuk ditanami tanaman palawija guna memenuhi kebutuhan hidup.

"Itu ditanami seperti ubi kayui, kacang panjang. Kita melihat dengan jelas bahwa penegakan hukum itu lebih condong dan menyasar kepada masyarakat-masyarakat petani kecil dan tidak melihat pelaku-pelaku pembakar lahan secara luas," tambahnya.

Diatambahkanya pasal yang dikenakan kepada Syafrudin juga tidak tepat dan disamping itu jaksa penuntut umum juga tidak mampu menghadirkan saksi ahli.

Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Syafrudin melanggar Pasal 108 Jo Pasal 69 huruf h dan Pasal 98 ayat (1) UU Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Pekanbaru, Robi Harianto, menegaskan, hukuman yang dijatuhkan kepada Syafrudin sesuai dengan undang-undang dan fakta di lapangan.

lahan yang dibakar bukan milik Syafrudin tapi milik orang lain yang dikelolanya dan pemilik sudah mengingatkan agar lahan tidak dibakar. Luas lahan yang dibakar juga bukan 20 x 20 meter persegi.

Dijelaskan Robi, hasil pengukuran ahli Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pekanbaru, luas lahan yang terbakar sekitar 1.080 meter. "Awalnya dibakar 20x20 meter, menyebar menjadi 1.078 meter persegi," jelas Robi. (Tribunpekanbaru.com/ Aan Ramdani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved