Breaking News:

Antisipasi Virus Corona

PULUHAN Wisatawan Asal Riau Batal Berangkat ke China karena Wabah Virus Corona di Kota Wuhan

Dede mencontohkan, salah satu paket wisata yang dikonfirmasikan pihak travel agen ke Asita Riau adalah keberangkatan yang harusnya dilakukan

Tribun Pekanbaru/Kompas.com
PULUHAN Wisatawan Asal Riau Batal Berangkat ke China karena Wabah Virus Corona di Kota Wuhan 

PULUHAN Pelancong Asal Riau Batal Berangkat ke China karena Wabah Virus Corona di Wuhan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dampak dari warning pemerintah untuk traveling ke China berpengaruh terhadap sejumlah biro travel yang ada di Provinsi Riau ke sejumlah negara, terutama ke China dan beberapa negara tetangga lainnya.

Diungkapkan Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Provinsi Riau, Dede Firmansyah, sejumlah travel ke China terpaksa dibatalkan oleh biro travel, karena wabah virus corona yang menghebohkan beberapa waktu belakangan.

"Memang ada pembatalan paket wisata ke China yang dilakukan sejumlah travel agen. Selain itu, per tanggal 24 Januari kemaren, memang semua lokasi wisata di China memang sudah ditutup secara keseluruhan," kata Dede kepada Tribun, Rabu (29/1) sore.

Dede mencontohkan, salah satu paket wisata yang dikonfirmasikan pihak travel agen ke Asita Riau adalah keberangkatan yang harusnya dilakukan pada 26 Januari lalu sebanyak 23 orang.

"Selain itu, juga ada pada tanggal 12 Februari 2020 sebanyak 36 pax, itu juga sudah dibatalkan. Itu baru satu travel agent di Pekanbaru, dengan rute ke Yunan," imbuhnya.

Dede menambahkan, tidak hanya travel ke China, hal tersebut juga berdampak kepada travel ke Malaysia, dimana pihak travel agent juga merencanakan pembatalan sebanyak 60 pax pada 13 Februari mendatang, dengan pertimbangan yang sama, wabah virus corona.

Pembatalan tersebut dikatakan Dede pibak travel agent melakukan refund kepada konsumen, sehingga konsumen tidak dirugikan.

Sementara itu, salah seorang penggiat wisata ke luar negeri asal Pekanbaru, Albaretta, yang juga merupakan admin instagram @pekanbarukuliner mengatakan, pihaknya juga mempertimbangkan untuk membawa pelancong asal Pekanbaru ke luar negeri saat ini.

"Permintaan semakin antusias beberapa waktu belakangan, untuk perjalanan ke sejumlah negara tetangga. Tapi walau bukan ke China, kita tetap mempertimbangkan keamanan dan kesehatan wisatawan kita tentunya, agar tidak membahayakan, sehingga untuk sementara terpaksa kita pending dulu, sampai kondisi benar-benar aman dan memang sudah ada pernyataan dari pemerintahan bahwa kondisi sudah aman, sehingga para wisatawan yang kita bawa juga merasa aman dan nyaman dalam liburan ke luar negeri," ujarnya. (Tribunpekanbaru.com/Alexander)

Penulis: Alex
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved