Indragiri Hulu

Puluhan Guru Honorer Datangi DPRD Inhu, Minta Dukungan Pengangkatan Menjadi PNS

Mereka meminta dukungan DPRD Inhu terkait pengangkatan status guru honorer tersebut menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Puluhan Guru Honorer Datangi DPRD Inhu, Minta Dukungan Pengangkatan Menjadi PNS
Tribun Pekanbaru/Bynton Simanungkalit
Perwakilan guru honorer yang tergabung dalam GTKHNK 35+ bertemu dengan Komisi Empat DPRD Inhu, Kamis (30/1/2020). 

Puluhan Guru Honorer Datangi DPRD Inhu, Minta Dukungan Pengangkatan Menjadi PNS

RENGAT - Puluhan guru yang tergabung dalam forum Guru dan Tenaga Pendidikan Honorer non Kategori 35+ (GTKHNK 35+) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhu pada Kamis (30/1/2020).

Kedatangan para guru tersebut disambut oleh Komisi Empat DPRD Inhu. Mereka meminta dukungan DPRD Inhu terkait pengangkatan status guru honorer tersebut menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Kami menyampaikan dua tuntutan, pertama mendukung GTKHNK 35+ menjadi PNS tanpa tes melalui Kepres, kedua mendukung pembayaran gaji honorer dari APBN," kata Masyhuri ketua GTKHNK 35+ Kabupaten Inhu, Kamis (30/1/2020).

Masyhuri mengatakan bahwa pihaknya juga sudah meminta dukungan dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Inhu dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Inhu.

"Kami juga akan meminta dukungan dari Bupati Inhu," kata Masyhuri.

Masyhuri mengungkapkan kondisi guru honorer yang kian memprihatinkan. Pasalnya sebagian besar guru honorer tersebut sudah mengabdi selama puluhan tahun, namun statusnya tidak pernah diangkat menjadi PNS.

"Ada yang mengabdi sampai 20 tahun, jam kerja dan beban kerja kami sama dengan guru PNS tapi kami tidak pernah diangkat menjadi PNS," kata Masyhuri.

Selain itu, usia mereka sudah melebihi 35 tahun, atau batas maksimal mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sehingga menjadi penghalang bagi guru-guru honorer itu untuk mengikuti seleksi CPNS.

Terkait upah, mereka berharap agar menerima upah dari APBN dan disesuaikan dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK).

Halaman
12
Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved